SMPN 3 Kota Malang Punya Ekskul Tahfiz Quran

ALANG KOTA – Momentum peringatan Maulid Nabi 1440 H di SMPN 3 Kota Malang tahun ini berlangsung lebih istimewa. Bukan hanya karena melantunkan salawat nabi secara bersama-sama, tapi juga dibarengi dengan pemberian sertifikat uji public dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang kepada tujuh anak yang telah hafal juz 30.

Sebagai informasi, SMPN 3 Kota Malang telah me-launching ekskul Tahfiz Quran awal semester ganjil ini. Setidaknya ada 41 siswa yang tergabung dalam ekskul Tahfiz Quran. Dari jumlah tersebut, tujuh di antaranya sejak sebulan lalu intensif menghafal juz ke-30. “Karena kami adalah sekolah umum dan semua agama ada di sekolah kami, jadi Kemenag Kota Malang sangat mengapresiasi adanya ekskul tahfiz dan siswa yang telah menghafal Quran,” kata penanggung jawab ekskul tahfiz Quran Utin Kustianing SPdI. Jadi, Utin melanjutkan, setelah diuji public tim dari Kemenag, sebanyak tujuh siswa akan mendapatkan sertifikat atau dinyatakan lulus wisuda dari juz 30 agar bisa melanjutkan ke juz berikutnya,” terang Utin.

Diketahui, jika SMPN Kota Malang menjadi salah satu sekolah negeri yang kegiatan agamanya terus digenjot. Misalnya setiap pagi ada kegiatan baca Alquran hingga salat Duha dan Duhur bersama. Tak hanya Islam, umat Kristiani maupun Buddha di sekolah ini pun setiap pagi dan setiap Jumat diharuskan untuk berdoa. “Jadi, akademis dan keagamannya seimbang. Dan ini sebenarnya menjadi salah satu upaya untuk membentuk karakter siswa melalui kegiatan spiritualnya,” papar guru agama Islam tersebut.

Utin berharap dengan adanya ekskul tahfiz ini bisa mencetak generasi Qurani. Tak hanya cerdas akademik, tapi juga cerdas spiritual, emosional, dan berakhlaq mulia. Menurut dia, Alquran adalah pengendali perilaku. “Karena itu, targetnya jika siswa kelas 7 sudah masuk ekskul ini, sebelum lulus sudah selesai hafalannya, jika rutin dan telaten. Kami pun gencar mengikutsertakan siswa untuk ikut ajang MHQ, baik kota maupun nasional,” ujarnya.



Terpisah, Yuli Setianingsih SPd sebagai bendahara komite SMPN 3 Malang mengungkapkan apresiasinya atas kegiatan positif ekskul Tahfiz Quran. Menurut dia, ini menjadi salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan iman dan takwa. Dia berharap, kegiatan positif seperti ini akan terus dilaksanakan dan menjadi perhatian bagi sekolah. “Selain membentuk karakter, ini juga mengajarkan toleransi pada anak. Mereka berada di satu atap, satu almamater dengan agama yang berbedabeda dan saling menghormati,” tutur alumni UM tersebut.

Pewarta: Binti Nikmatur
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Mardi Sampurno
Foto: Darmono