MALANG KOTA – Puncak penganugerahan Green School Festival (GSF) 2018 di Graha Cakrawala Malang hari ini Senin (22/10/2018) juga menampilkan beberapa majalah dinding (mading) kreatif karya siswa berbahan daur ulang.

Eits, tunggu dulu. Bukan sembarang mading yang ditempel pada dinding. Karya mereka ini tampak unik dan berbentuk tiga dimensi dan ditata mendatar berbentuk panorama. Tak ketinggalan, pernak-pernik atraktif seperti lampu juga ditonjolkan.

Salah satu mading buatan siswa siswi SMP Santa Maria 1 pun sukses menampilkan asrinya lingkungan hijau yang diwujudkan dengan mading berbentuk maket pulau kecil, lengkap beserta sungai, air terjun, bahkan pantai.

“Memang tujuannya mading ini adalah menampilkan keindahan lingkungan. Bercerita tentang pemandangan alam serta sistem hutan,” beber salah seorang siswa asal SMP Santa Maria 1, Abraham Justin Davisca.

Ia menjelaskan bahwa ia dan teman-temannya mendapat inspirasi itu dari gelaran Asian Games yang juga menampilkan keindahan alam. “Ini bahan-bahan yang digunakan juga semua menggunakan bahan bekas. Hanya lem dan lampu saja yang beli,” imbuh siswa kelas 9 tersebut.

Ia bercerita, bahwa mading tersebut dibuat bersama 17 orang dalam tim dan hanya mengeluarkan biaya kurang dari Rp 150 ribu. Tak hanya itu, dirinya juga mengapresiasi gelaran Green School Festival yang digelar di tahin ke-5 ini.

“Hal ini sangat bagus. Sebab dengan mengikuti GSF ini bisa menumbuhkan kepedulian pada lingkungan,” tegasnya.

Pewarta: Gigih Mazda
Foto: Gigih Mazda
Penyunting : Shuvia Rahma