Smartphone Misterius Poco Meluncur 22 Agustus, Spesifikasi Kelas Wahid | JawaPos.com

Smartphone Misterius Poco Meluncur 22 Agustus, Spesifikasi Kelas Wahid | JawaPos.com

JawaPos.com – Kabar seputar smartphone misterius besutan Xiaomi yang geger beberapa waktu lalu dengan nama Pocophone F1 kembali mencuat. Ya, kini giliran tanggal peluncurannya yang terungkap ke publik.

Poco sejatinya adalah merk turunan baru dari Xiaomi, sementara F1 kemungkinan akan jadi namanya ketika melenggang di pasaran. Jadi Pocophone F1 nantinya akan menjadi Poco F1 dan 22 Agustus 2018 nanti kabarnya akan menjadi tanggal terkuaknya misteri Poco F1.



Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman NDTV, Rabu (15/8), kabar tersebut mulanya tersiar dari akun resmi brand Poco di India yang akan menjadi tempat Poco F1 lahir. Brand yang memiliki nama akun @IndiaPOCO itu bahkan selain mengungkap tanggal peluncuran Poco F1 juga mengungkap prosesor yang akan dibawa ponsel tersebut.

Dalam cuitannya di linimasa Twitter, brand tersebut juga mengungkap bahwa Poco F1 akan menjadi smartphone yang ‘ngebut’. “Bukan hanya kinerja puncak sesaat. Rasakan tingkat baru kinerja berkelanjutan dengan Qualcomm Snapdragon 845 SoC di # POCOF1. #MasterOfSpeed diluncurkan pada 22 Agustus 2018. #GoPOCO,” tulis akun tersebut.





Poster peluncuran Poco F1 di New Delhi, India 22 Agustus mendatang. (Twitter)


Tulisan tersebut tidak lain merupakan sebuah caption foto. Dalam unggahannya, terlihat bahwa Poco India memarkan sebuah gambar dengan logo Qualcomm Snapdragon dan angka 845 di bagian tengahnya. Terjawab sudah rumor yang beredar. Akhirnya terungkap bahwa si misterius Pocophone F1 benar hadir dengan chipset Snapdragon 845.

Omong-omong spesifikasi, selain hadirnya Snapdragon 845 dibalik kap mesin Poco F1 ini, kabar lain juga menyebut bahwa smartphone ini dikatakan debut dalam dua varian penyimpanan yang berbeda. Pertama Poco F1 akan hadir dengan RAM 6 GB dengan internal storage 64 GB dan RAM 8 GB dengan 128 GB penyimpanan onboard.

Sementara harga Poco F1 untuk varian 64 GB dispekulasikan untuk debut di Eropa Timur pada EUR 420 atau sekitar INR 33.300 atau berkisar Rp 6,9 jutaan untuk varian 64 GB. Sementara varian 128 GB-nya bisa mencapai EUR 460 sekitar INR 36.400 atau sekitar Rp 7,5 jutaan.

Harga tersebut merupakan harga yang mengacu pada rumor sebelumnya yang mengabarkan bahwa Poco F1 akan turut hadir pula di pasar Eropa. Sementara harga smartphone ini di India kemungkinan akan muncul pada saat peluncuran resmi akhir bulan ini dengan harga yang bisa jadi lebih murah atau bahkan lebih mahal.

Spesifikasi lain dari smartphone ini kemungkinan adalah layar Full HD Plus 6,18 inci yang akan memiliki aspek rasio 18,7:9 lengkap dengan poni di atas layarnya. Dari sisi kamera, Poco F1 akan membawa kamera 12 MP dipasangkan dengan sensor 5 MP sekunder untuk penginderaan kedalaman sementara yang pertama akan menampilkan piksel 1,4 mikron. Sementara bagian depan, terdapat sensor 20 MP yang sudah didukung teknologi Super Pixel.




Smartphone Poco, Poco F1, smartphone xiaomi poco

Screenshoot bocoran peluncuran Poco F1 dengan Snapdragon 845. (Twitter)


Bocoran menarik lainnya adalah hadirnya teknologi pendinginan liquid atau cairan pada tubuh smartphone ini. Jika benar demikian, melihat spesifikasi lain seperti chipset dan kombinasi RAM dan ROM, maka Poco F1 tentu akan menjadi smartphone dengan performa kelas wahid dengan harga yang tak seberapa menguras kantong.

Sementara untuk pasar Indonesia, Poco F1 hampir bisa dipastikan melenggang di tanah air. Seba, pihak terkait dalam hal ini Kementerian Perindustrian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika lewat Ditjen Sumber daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) sudah menampilkan bocoran perangkat ini di masing-masing situs mereka.

Hal tersebut terkait dengan proses sertifkasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang wajib dipenuhi sebelum sebuah perangkat smartphone bisa di pasarkan. Adapun perangkat tersebut diajukan kepada otoritas terkait di Indonesia melalui Erajaya Swasembada yang tidak lain merupakan salah satu distributor gadget terbesar di Indonesia.


(ryn/JPC)