Smaneta Cetak Generasi Berprestasi

TUMPANG – Prestasi SMAN 1 Tumpang, Kabupaten Malang, semakin gemilang. Sepanjang tahun 2019 ini saja, tercatat tak kurang dari 70 penghargaan bidang akademik maupun nonakademik. Raihan tersebut tidak hanya tingkat regional, tapi juga nasional. Bahkan internasional.Sebut saja penghargaan Indonesian Achievement Award (IAA) pada Maret lalu (22/3) untuk kategori sekolah kreatif, kaya inisiatif, dan inovatif.

Penghargaan bergengsi itu diberikan oleh Indonesian Achievement Award kepada sekolah yang beralamat di Jalan Kamboja No.10, Malangsuko, Kecamatan Tumpang, dengan kategori Best of The Best Award. ”Kami dinilai sebagai lembaga yang mendedikasikan kegiatannya di bidang pendidikan, kesehatan, dan hukum,” ungkap Kepala SMAN 1 Tumpang Edy Parlindungan MPd.

Prestasi lainnya diukir oleh Varadisa Septi Putri Hidayat, siswi kelas XII IPS 5. Atlet gulat tersebut berhasil lolos dalam kualifikasi PON di Papua. Tak hanya itu, 8 Desember mendatang, Varadisa mendapatkan bonus menjalani pendidikan gulat di Kyrgyzstan selama dua bulan. ”Varadisa menjadi satu-satunya siswi SMA dari 14 atlet yang akan mengikuti camp di negara berjuluk Negeri Gunung Surgawi itu,” jelas Edy.

Capaian lainnya disumbangkan oleh tim pencak silat. Atlet-atlet bela diri sekolah yang terkenal dengan sebutan Smaneta ini berhasil memborong juara I di ajang Kejurnas Pencak Silat Open Tournament Bandung Lautan Api Championship 2 di GOR C–Tra Arena, Bandung.

Mereka adalah Lailatul Izzah (XI IPS 3) sebagai juara 1 Seni tunggal Putri, Gilang Eka Pramudita (XI Bahasa) yang mendulang juara 1 Tanding kelas 1 Remaja, serta Deny Saputo (XI IPS 5), juara 1 Tanding Kelas 1 Remaja. ”Masih ada dua nama siswa lagi yang mengukir prestasi membanggakan,” ucap dia.

Masing-masing, lanjut Edy, adalah Farel Nandana Putra Ananta, peraih emas Kejurnas Finswimming nomor Kolam Tahun 2019 event 200 meter Bifin KU C Putra. Satu lagi, Arneta Iyutia, peraih perak Kejurnas Finswimming nomor Kolam Tahun 2019 event 200 meter Bifin KU C Putri.

”Sekolah memfasilitasi para atlet. Ayo daftarkan diri ke sekolah ini, karena kami membuka jalur prestasi. Ada beasiswa bagi mereka yang mengharumkan nama sekolah,” tandas Edy.

Pewarta : Ren
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Nenny Fitrin