SMAN 4 Keok Lagi dari Kosayu

MALANG KOTA – Hari pertama Honda DBL East Java Series 2017–South Region Malang kemarin (1/8) di GOR Bimasakti, Sukun, Kota Malang, belum memberikan kejutan. Finalis tahun lalu yakni tim putra SMA Kosayu Malang masih terlampau kuat bagi SMAN 4 Kota Malang. SMA Kosayu Malang menang dengan skor telak 37-15.

Hal ini membuat SMAN 4 Kota Malang gagal dari kekalahan mereka tahun lalu. Tahun lalu, SMAN 4 Kota Malang kalah dua kali, yakni di babak penyisihan grup dan babak 16 besar. Pada laga tadi malam, di quarter pertama sebenarnya SMAN 4 Malang sudah menunjukkan kualitas mereka.

Sang kapten, yakni Alnardo Bimacakra F. bisa membawa timnya unggul 6-4. Namun, pada quarter kedua, keadaan berubah drastis. Kosayu begitu mendominasi dengan hasil 6-15. Di quarter ketiga dan keempat, anak asuh Prasetyo Citra Sukoco ini semakin menjadi-jadi.

Pelatih SMAN 4 Kota Malang Wagiono mengakui kalau Kosayu adalah tim yang berpengalaman.”Mereka sudah jelas, selama ini menjadi finalis, ini sangat memengaruhi pemain kami yang baru mengenal olahraga basket,” katanya.

Menurut dia, pemain Stetsa (SMAN 4) hampir 60 persen adalah pemain baru. Mereka mulai kelas XI dan kelas XII, kebanyakan pemain masih kekurangan jam terbang. ”Mereka masih grogi, anak-anak keder sehingga mainnya kacau,” imbuhnya.

Sementara itu, pelatih SMA Kosayu Malang Prasetya Citra Sukoco menyatakan, yang dimainkan anak-anaknya masih 25 persen dari kemampuan mereka. Pemain, dia melanjutkan, masih belum bisa merepresentasikan semua kemampuannya. ”Untung saja lawan masih di bawah kami sehingga bisa men-cover mereka,” kata dia.

Pras menilai, lawan sebenarnya mempunyai mental yang bagus. ”Kami ini hanya menang di postur, skill individu, dan kolektivitas bermain,” imbuhnya. Dalam pertandingan pertama ini, Pras melanjutkan, sebenarnya pemainnya sedikit kaget. ”Namun, itu saya maklumi dan bisa berbenah untuk pertandingan kedua nanti,” tandasnya.

Sementara itu, di pertandingan lain, SMAN 2 Malang menang dari SMAN 9 Malang dengan skor akhir 25-5. Pertandingan kedua, SMAN 5 Malang yang harus mengakui keunggulan SMKN 5 Malang dengan skor akhir 14-2. Untuk tim putri, SMA Santa Maria menang dari SMAN 1 dengan skor 13-3.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Bayu Eka