Sleman Diterjang Angin Kencang, Seorang Jadi Korban

JawaPos.com – Hujan lebat disertai angin kencang di Jalan Kaliurang Km 16, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) pada Rabu (13/2) mengakibatkan 2 orang tertimpa pohon. Seorang sempat dilarikan ke rumah sakit Panti Nugroho Kecamatan Pakem, sedangkan lainnya berhasil menyelamatkan diri.

Heru Asmara, anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, mengatakan, korban atas nama Ariyanto, warga asal Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

“Tertimpa batang pohon tumbang, diameternya sekitar 1 meter. Korban luka cedera kaki dan sempat dibawa ke Panti Nugroho, tapi sudah pulang. Seorang lagi berhasil selamat,” katanya, saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (13/3).

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB, saat hujan ringan mulai mengguyur wilayah Sleman. Selang sekitar setengah jam, berangsur lebat disertai dengan angin kencang.



Korban yang saat itu kebetulan melintas di Jalan Kaliurang Km 16, terkena pohon tumbang. Untuk korban yang selamat, kebetulan sedang berteduh di sekitar lokasi kejadian. “Kendaraan yang tertimpa ada 3 motor dan 1 mobil. Untuk mobil kebetulan sedang parkir di sekitar lokasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Joko Supriyanto mengatakan, hujan disertai angin kencang menyebabkan puluhan pohon tumbang. Terbanyak di Kecamatan Pakem dan Turi. “Terparah di Pakem dan Turi,” ucapnya.

Dari pantauan di lapangan, pohon-pohon yang tumbang sempat menutup beberapa titik akses jalan di Pakem dan Turi. Hingga petang petugas gabungan dari juga komunitas relawan masih disibukkan dengan evakuasi dan pembersihan jalan.

Beberapa ruas jalan juga sempat mengalami pengalihan arus hingga malam. Arus listrik di Pakem, juga masih ada yang belum pulih.

Editor           : Sari Hardiyanto

Reporter      : Ridho Hidayat