Skenario Terburuk Adalah Terus Bertarung Untuk Podium Ketiga

JawaPos.com – RADARMALANG.ID-Red Bull menjadi tim kedua yang meluncurkan mobil terbaru musim ini. RB16 langsung mengaspal dalam shakedown event di Sirkuit Silverstone, Inggris, kemarin (12/2). Peluncuran itu berselang sepekan menjelang tes pramusim Formula 1 di Catalunya pada 19–21 Februari.

Biasanya, shakedown event dilakukan sangat terbatas dengan jarak tempuh tak lebih dari 100 kilometer. Salah satu tujuannya adalah mengambil gambar untuk keperluan sponsor. Untuk acara kemarin, hanya Max Verstappen yang mengendarai mobil baru tersebut. Rekan setimnya, Alex Albon, harus bersabar hingga tes resmi untuk menjajal RB16.

Tidak banyak yang berubah dari corak RB16 jika dibandingkan dengan edisi tahun lalu. Masih seperti tahun lalu, mereka mempertahankan biru gelar, kombinasi merah, dan kuning.

Logo Aston Martin akan tampil untuk musim terakhirnya bersama Red Bull sebelum tahun depan menjadi tim pabrikan sendiri setelah konsorsium yang dipimpin Lawrence Stroll mengakuisisi sebagian saham produsen mobil mewah asal Inggris tersebut.

Red Bull tetap melanjutkan kerja sama suksesnya dengan Honda tahun ini. Sejauh ini, kinerja mesin pabrikan Jepang tersebut sangat kompetitif untuk bertarung melawan Mercedes dan Ferrari.

’’Faktor terbesar kemampuan kami untuk mengejar gelar adalah power unit. Honda membuat kami lebih kompetitif,’’ kata Team Principal Red Bull Christian Horner sebagaimana dikutip GP Fans.

Honda turut membantu Red Bull mendapatkan tiga kemenangan lewat Verstappen pada musim 2019. Termasuk balapan kandang mereka di Red Bull Ring, Austria. Max pun mencoba realistis menuju musim baru.

’’Aku berharap tahun ini dan selanjutnya kami berjuang minimal untuk podium. Skenario terburuk kami akan bertarung untuk podium ketiga (di setiap seri),’’ kata Verstappen sebagaimana dikutip Sky Sports.

Sementara itu, Alex Albon kembali menjadi satu-satunya asa Asia di grid F1. Musim lalu dia dipromosikan dari Toro Rosso ke tim utama Red Bull mendampingi Verstappen. Pembalap blasteran Inggris-Thailand itu hampir meraih podium pertamanya di GP Brasil. Sayang, tabrakan dengan Lewis Hamilton membuyarkan asanya.

Fokus utamanya kini adalah meningkatkan performa untuk menempel rekan setimnya, Max. Hal-hal teknis seperti saat beraksi di kualifikasi juga menjadi perhatian lainnya buat Albon.

’’Aku akan bersama tim ini setahun lagi (2020) dan itu seperti memberikan beban kepadaku. Tapi, aku merasa tim memercayaiku,’’ ujarnya.

Red Bull (RB16)

Aerodinamika

Red Bull mempertahankan ciri khas mereka yang dipercaya menghasilkan downforce maksimal.

Suspensi

Suspensi rendah seperti milik Ferrari diyakini bisa membuat RB16 lebih lincah di tikungan

Power Unit

Masih menggunakan mesin Honda yang kabarnya telah berinvestasi sangat besar untuk bertarung dengan Ferrari dan Mercedes.