SK Belum Turun, Nasib Wakil bupati Malang Terkatung-katung

KEPANJEN – Kejelasan Drs Mohamad Soedarman MM, wakil Bupati Malang terpilih masih di awang-awang. Pasalnya, jelang akhir tahun, Minggu, (8/12), perihal kejelasan kapan wakil Bupati pendamping HM Sanusi itu dilantik juga tak kunjung terang.

Padahal, akademisi dari STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Malangkucecwara (ABM) itu sudah terpilih lewat voting oleh DPRD Kabupaten Malang, dengan 44 suara Rabu (9/10) dua bulan lalu. Ia mengungguli pesaingnya, Abdul Rosyid Assadullah.

Sebelumnya, kursi wabup kosong usai HM Sanusi dilantik menjadi Bupati Malang definitif usai sebelumnya menyandang gelar pelaksana tugas (plt) pada 17 September 2019 lalu. Sementara, Mohamad Sudarman terpilih menjadi wakil bupati Malang sudah dua bulan silam, pada Oktober 2019.

Sebagai Wakil Bupati Malang terpilih sisa masa jabatan 2016-2021, Soedarman memang masih harus menunggu surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Namun, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bahkan mengaku belum menerima surat keputusan (SK) itu untuk ditandatangi.

“SK ya harus ke Mendagri dulu, selesaikan. Pokoknya kalau di meja saya surat-surat seperti itu tak akan bermalam,” tukas Khofifah saat hadiri acara di wilayah Kabupaten Malang beberapa hari lalu.

Sebelumnya, Khofifah harus mengirimkan SK pengangkatan Soedarman pada Mendagri, Tjahjo Kumolo. Maka dari itu, ia mendorong Sanusi untuk mempercepat pengiriman SK.

Karena teknisnya, Sanusi sebagai Bupati Malang yang harus mendahului dengan menggelar rapat penetapan. Jika hal itu usai, Soedarman akan menerima SK dan kemudian disampaikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Selanjutnya, Gubernur Khofifah mengirimkan SK pengangkatan Soedarmawan pada Mendagri, Tjahjo Kumolo.

“Pak Bupati lah, pokoknya di meja saya surat-surat seperti itu tak akan bermalam. Karena itu ke dari Bupati ke saya baru ke Mendagri dulu, dari Mendagri baru turun,” tandas Khofifah.

Jika disetujui, barulah Mendagri yang akan mengeluarkan SK penetapan sekaligus pelantikan Soedarman sebagai Wakil Bupati Malang mendampingi HM Sanusi.

Soedarman nantinya akan menerima SK yang disampaikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Pria yang juga dosen ini akan mendampingi Sanusi memimpin Pemerintah Kabupaten Malang hingga Febuari 2021.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia