Siswi SD Ini Mahir Bikin Motif Batik Kendedes

KOTA MALANG – Membatik menjadi hal yang menenangkan dan menyenangkan bagi Elvi Nadya S. Siswi kelas 6 SDN Tunjungsekar 1 ini terlihat terampil memainkan canting berisi lilin di atas kain.

Dengan lihainya, Elvi menggoreskan lilin berwarna cokelat itu atas kain yang telah digambari motif kendedes. Ya, motif Kendedes merupakan motif favoritnya. Meski terbilang masih anak-anak, namun hasil cantingnya sangat rapi.

“Saya senang dan tenang kalau lagi mbatik gini. Apalagi motif kendedes, sangat cantik. Di belakangnya selalu ada gambar candinya. Motif bunganya juga indah. Ini favorit saya,” ungkapnya, Senin (26/8).

Hobinya ini ia tekuni sejak kelas 4 SD. Didampingi guru seni budaya, setiap Jumat ia selalu mengikuti kelas membatik. Tak sampai di situ saja, hari Sabtu dan Minggunya pun tak luput dari aktivitas membatik. Sang ayahlah yang diceritakan Elvi membelikan seluruh perlengkapan membatiknya di rumah.

“Di rumah sudah ada 5 kain batik yang saya bikin, buat sajadah. Nanti saya mau bikin rok batik buatan saya sendiri juga untuk jalan-jalan,” ceritanya pada radarmalang.id sambil terus memegang canting di Festival Batik Ngalam 2019.



Guru seni budaya SDN Tunjungsekar 1, Dwi Setyorini mengatakan bahwa Elvi sudah beberapa kali mengikuti kompetisi membatik. Salah satunya saat acara Hari Anak Nasional 2019 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Jawa Timur. Saat itu Elvi berhasil meraih juara pertama.

“Tiap tahun kita pasti ngirim kontingen. Tahun lalu di event itu kita juara 2. Tahun ini baru juara 1 diraih Elvi. Memang mengenalkan seni budaya membatik itu tantangannya besar, harus mulai dini membentuk kecintaanya,” ungkap wanita yang akrab disapa Rini itu.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia