Siswa SMKN 8 Sabet Emas Ajang Inovasi Internasional

MALANG KOTA – Dua siswa Kota Malang, Reyhan (SMKN 8) dan Ikhlas Muhammad Sabilly (SMAN 8), meraih hasil membanggakan pada ajang karya ilmiah remaja tingkat internasional. Reyhan dan Ikhlas sukses merebut medali emas International Exhibition of Young Inventors (IEYI) di Faridabad, Delhi, India, Sabtu (20/10).

Keduanya meraih medali berkat inovasi iCare Table. Yakni meja belajar yang dibuat khusus untuk mencegah rabun jauh dan kelainan tulang belakang. ”iCare Table pada dasarnya sebuah meja belajar yang diberi sebuah rangkaian elektronika (arduino, motor stepper, dan sensor ultrasonic). iCare Table bisa mengatur jarak pandang ideal ketika siswa melakukan kegiatan belajar,” jelas Reyhan.

Andi Firman Faisal, pembina Jurusan Mekatronika SMKN 8 Malang, menyatakan bahwa butuh waktu tiga bulan untuk menyiapkan dan menyempurnakan iCare Table.

Sementara itu, Kepala SMKN 8 Malang Drs Hari Mulyono MT bangga atas capaian anak didiknya itu. Dia menyatakan bahwa pihak sekolah selalu mendorong siswa untuk berkompetisi dan meraih prestasi. Tak hanya tingkat lokal, nasional, tapi juga internasional.

Di tahun ini, siswa SMKN 8 Malang juga sudah meraih sejumlah prestasi. Di antaranya juara III Ekotech tingkat nasional yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Malang, juara II Mobile robotic LKS Jatim yang diadakan oleh Provinsi Jawa Timur, dan juara I Robotika Hardiknas tingkat Jawa Timur yang diadakan di Politeknik Kota Malang. ”Kami antusias untuk menggali dan mengembangkan potensi siswa didik. Karena kami tahu setiap siswa punya potensi yang harus diasah,” pungkas dia.



Pewarta: Rhm
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Indra Mufarendra