Siswa SMK ”Nyambi” Jadi Start Up, Kenapa Tidak?

 MALANG KOTA Siswa di sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) terus didorong untuk menjadi seorang wirausaha. Kemarin (28/11) misalnya, SMKN 3 Malang meresmikan technopark atau sebuah wadah bagi siswa untuk berwirausaha.

Technopark tersebut adalah technopark kedua yang ada di SMKN Kota Malang. Sebelumnya, SMKN 4 Kota Malang yang sudah meresmikan technopark. Di SMKN 3 Kota Malang sendiri, technopark akan mewadahi karya siswa sesuai dengan jurusan mereka masing-masing. Mulai dari perhotelan, tata boga, kecantikan, tata busana, dan teknik komputer jaringan.

Kepala SMKN 3 Malang Dra Faizah MPd menyatakan, technopark ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). ”Yang jelas, kami sekarang punya wadah untuk mengembangkan kewirausahaan, baik itu untuk sekolah sendiri maupun anak-anak,” ucap Faizah.

Dalam pemanfaatan technopark ini, perkembangan jumlah start up atau usaha rintisan dapat ditingkatkan. Apalagi, adanya media sosial sangat membantu proses tersebut. ”Sekarang sudah ada 15 anak yang punya akun Instagram (IG) yang merupakan brand mereka sendiri. Dengan IG, brand mereka dikenal. Nanti penjualannya melalui IG itu,” imbuhnya.

Persiapan launching technopark ini membutuhkan waktu dua bulan. Sebelumnya, ada dua pelatihan yang harus diikuti. Yakni, pelatihan tentang e-commerce kerja sama dengan Pegasus Academy dan pelatihan dari Direktorat Pembinaan SMK. Sebanyak 15 siswa diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan tersebut. ”Per jurusan ada perwakilan tiga orang,” ucap Pricillia Catur Rizkina, siswi kelas 12 SMKN 3 Malang itu



Sementara itu, dalam peresmian kemarin dihadiri oleh Suhartono sebagai Plt Kepala Unit Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Timur Cabang Malang dan Kota Batu. Hadir juga pengawas SMK Kota Malang Hari Sunyoto. Selain itu, tamu undangan dari SMK-SMK Malang lainnya, perwakilan PHRI, serta para alumni SMKN 3 Malang turut hadir. ”Technopark itu kawasan untuk semua hasil dari karya-karya atau produk yang dihasilkan SMKN 3 Malang ini,” ucap Erna Tunggu Dewi, direktur technopark SMKN 3 Malang.

Pewarta: tr4
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Irham Thoriq
Foto: M Shadeli