Siswa MAN 2 Makassar Raih Medali Kompetisi Matematika Dunia di Jepang

JawaPos.com – Kabar membanggakan datang dari MAN 2 Makassar. Sekolah tersebut menjadi bagian dari tim Indonesia pada kompetisi matematika dunia, World Math Invitation (WMI). Final Round WMI kali ini diselenggarakan di Fukuoka Jepang, 15-19 Juli 2019.

WMI mengambil tempat di General Exhibition Center 3 Chome – 8-1 Asano, Kokurakita Ward, Kitakyushu, Fukuoka 802-0001, Jepang. WMI 2019 diikuti oleh 21 negara, di antaranya, Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand, Kamboja, Vietnam, China, Brasil, Amerika Seikat, Australia, Inggris, dan lain-lain.

“Para peserta merupakan siswa yang lolos babak penyisihan di negaranya masing-masing yang memperoleh emas, perak, dan perunggu,” kata Wakil Kepala Madarasah (Wakamad) Humas MAN 2 Kota Makassar, Dedi Rhimanto, Minggu (21/7/2019), sebagaimana diberitakan Fajar.co.id (Jawa Pos Group).

Pada kompetisi ini, emas merupakan prize bagi mereka yang mengerjakan 80 persen benar. Kemudian perak merupakan prize bagi mereka yang mengerjakan 70persen benar dan bronze adalah mereka yang mengerjakan 60persen benar.



Muhammad Muawwad MS dari MAN 2 Makassar, siswa kelas XII MIPA1, menjadi salah satu peserta dari Indonesia. Muawwad juga menjadi satu-satunya peserta final round Fukuoka dari Sulawesi Selatan dan Madrasah yang mengikuti kompetisi ini.

Keikutsertaan Muawwad ini tentu saja membanggakan Sulawesi Selatan dan madrasah. Muawwad mengikuti final round setelah memperoleh silver pada penyisihan di Indonesia. Sementara pada WMI 2019 final round, Muawwad memperoleh Bronze. Hasil lomba ini tidak terlepas dari bantuan komite sekolah dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang memberikan support penuh pada kegiatan ini.