Siswa di Kota Malang Dilatih Siap Hadapi Bencana

Siswa siswi SD dilatih hadapi bencana alam

KOTA MALANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang membentuk Sekolah Madrasah Aman Bencana (S/MAB). Selain menjadi program utama pemerintah, juga menjadi upaya menekan adanya korban saat terkena bencana.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris BPBD Kota Malang, Tri Oky Rudianto. “Melihat potensi kerawanan bencana di Kota Malang kan juga cukup tinggi jadi pengetahuan kebencanaan ini perlu kita sampaikam kepada siswa didik sejak dini,” ujarnya.

Ya, mengingat Kota Malang juga menjadi daerah yang berpotensi akan terjadinya bencana. Seperti, gemba bumi, kebakaran, tanah longsor juga angin.


Mengingat, selain tak kenal waktu. Kota Malang juga menjadi wilayah yang dikelilingi oleh gunung berapi juga dekat dengan laut.

“Misal saja saat Gunung Bromo erupsi, debunya saja bisa sampai Kota Malang. Masyarakat harus diimbau untuk lekas pakai masker agar tak kena ispa,” tandasnya.

Menurutnya, sudah ada lima 10 sekolah yang difasilitasi program ini. Antara lain, SDN Bakalankrajan 2 juga SDN Arjowinangun 2. Sistemnya, dilakukan sosialisasi ke sekolah. Seluruh warga sekolah juga turut mengikuti simulasi kebencanaan. Dilanjutkan dengan edukasi, pemutaran film tentang gempa yang pernah terjadi di Indonesia.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Istimewa