Sinergitas Malang Raya Godok 20 Urusan

MALANG KOTA – Sebanyak 20 urusan bakal menjadi prioritas sinergi Malang Raya ke depan. Jumlah ini tersebar di sekitar 20 organisasi perangkat daerah (OPD) di tiga pemerintah daerah (pemda). Yakni Pemkot Malang, Pemkot Batu, dan Pemkab Malang.

Sekkota Malang sekaligus penanggung jawab bidang terkait infrastruktur Wasto menyampaikan, dua puluh urusan itu dibagi menjadi tiga kelompok. Yaitu bidang terkait infrastruktur, pariwisata, dan pendidikan, serta kesehatan. ”Saya infrastruktur, Pemkot Batu pariwisata dan Kabupaten kesehatan dan pendidikan,” kata mantan kepala Barenlitbang Kota Malang ini.

Menurut dia, khusus bidang yang dibawahi hingga kemarin sudah masuk tahap penyusunan draf perjanjian kerja sama (PKS). Dari draf ini terdapat sekitar 15 program kerja yang disinergikan. ”Penandatanganannya nanti bareng-bareng dengan bidang lain,” ungkapnya.

Dia mencontohkan dalam draf tersebut tentang kerja sama OPD dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukcapil). Di mana warga Dau, Kabupaten Malang, nanti bisa mencetak e-KTP di Kota Malang. ”Yang penting sudah melakukan perekaman, bisa cetak di Kota Malang yang lebih dekat,” ujar mantan kepala DLH Kota Malang ini.

Lalu, kapan penandatanganan PKS tersebut? Wasto menyerahkan sepenuhnya pada Pemkot Batu. Karena pertemuan berikutnya Kota Batu yang jadi tuan rumah. ”Selanjutnya giliran Batu, kami ngikut saja,” ujarnya.



Pewarta               : Imam Nasrodin
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Mahmudan