Sinergi Forkopimda Tangani Karhutla Gunung Arjuno

SINGOSARI – Kebakaran hutan di kawasan Gunung Arjuno yang sudah tersaji sejak Kamis lalu (10/10) mendapat perhatian khusus dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang.

Selain karena dampak kebakaran yang terus meluas, perhatian itu diberikan karena kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sana adalah yang kesepuluhkalinya terjadi sepanjang musim kemarau tahun ini.

Sabtu malam lalu (12/10), Bupati Malang H.M. Sanusi bersama Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Dandim 0818 Kabupaten Malang–Kota Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad, serta Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto meninjau langsung lokasi kebakaran.

Sekitar pukul 23.00, rombongan forkopimda meninjau langsung lokasi kebakaran dari Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari. ”Saya tetapkan status tanggap darurat,” kata Bupati Malang H.M. Sanusi usai meninjau lokasi kebakaran. Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Kanjuruhan, karhutla yang terjadi di lereng Gunung Arjuno tersebut kini sudah merambah sampai ke Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, dan Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso.

Belum diketahui secara pasti berapa luasan hutan maupun lahan yang terdampak peristiwa kebakaran tersebut. Namun, Sanusi menuturkan bahwa kebakaran hutan tersebut sudah meluas sampai ke Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto. Karena itu sebagai penanganan darurat, Sanusi memerintahkan kepada BPBD untuk mencairkan anggaran darurat untuk penanganannya.

”Kami juga berkoordinasi dengan aparat dari jajaran Polres Malang, Kodim 0818, PMI, Perhutani, Taman Hutan Rakyat (Tahura), dan kelompok relawan supaya dilakukan upaya pemadaman,” kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Pewarta : Farik Fajarwati, Adv
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya