Sinergi dengan Masyarakat, Selamatkan Hutan

KARANGPLOSO – Lembaga Penelitian dan Pengembangan
Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya (UB) punya program Sonjo Deso untuk mengembangkan potensi desa di Malang Raya. Kemarin (17/12), puncak dari rangkaian Sonjo Deso tahun ini digelar di Kantor Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

PuncakSonjoDesodiisipameranprodukunggulan,  pementasanseni dan dialog interaktif antara pimpinan UB dengan masyarakat. ”Tujuan utama Sonjo Deso ini adalah komunikasi. Misalkan ada masalah yang kaitannya dengan UB atau masalah internal desa, maka akan dipecahkan secara bersama-sama,” terangnya.

Sementara itu, Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS, dalam sambutannya menyatakan, UB punya program Brawijaya Mengabdi. Dalam tridarma perguruan tinggi kaitannya ada tiga hal, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

”Pada hari ini (kemarin) UB ingin meningkatkan pengabdiannya, salah satunya dengan program Sonjo Desa. Diharapkan ke depan nanti pengabdian UB tak hanya dalam satu waktu saja, tapi bisa kontinu. Sehingga hasilnya bisa tuntas dan memberikan dampak yang besar bagi masyarakat, yang ujungnya adalah pada kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Adapun, Desa Donowarih dipilih lantaran UB memiliki aset di desa ini. Yakni UB Forest, yang merupakan aset bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup.



Menurut Direktur UB Forest Prof Eko Ganis Sukoharsono, luasnya ada sekitar 404,74 hektare. Tanamannya pun cukup beragam, di antaranya pinus, kayu mahoni, 7 ribu jenis buah langka, dan kopi.

”Di UB Forest ini ada dua komunitas yang disebut sebagai Mager Sari, mereka hadir di sana untuk membantu menyelamatkan hutan dan juga mengolah lahan,” kata dia.

Ada sekitar 28 KK dan 36 KK binaan dari UB. Kemudian ada
pengawas hutan dan petugas lapang untuk mahasiswa yang
melakukan penelitian. ”Intinya kita saling bersinergi, jangan sampai  hebatnya kampus UB meninggalkan masyarakat sekitar,” pungkas dosen FEB UB tersebut.

Sebagai informasi tambahan, di 2018 ini, LPPM UB menyasar
tujuh desa untuk program Sonjo Deso. Antara lain, Kelurahan
Ketawanggede (22/11), Kelurahan Penanggungan (25/11),
Kelurahan Dinoyo (28/11), Kelurahan Purwantoro (1/12), Desa Kalisongo (9/12), Kelurahan Tunggulwulung (16/12), dan Desa Donowarih (17/12).

Pewarta: Binti Rosidah
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Indra Mufarendra