Simpang Siur Label Halal Daging Impor, Permendag 29/2019 akan Direvisi

JawaPos.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) memutuskan akan merevisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 29 Tahun 2019 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Hewan dan Produk Hewan. Regulasi tersebut mendadak menjadi perbincangan, lantaran muncul persepsi bahwa produk impor tak lagi wajib mengantongi label halal.

Kepada awak media, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana mengklarifikasi isu publik yang berkembang di media sosial tersebut. Wisnu bilang, masyarakat telah keliru mempersepsikan Permendag 29/2019.

Apalagi, kata dia, banyak masyarakat yang membandingkan regulasi tersebut dengan aturan Permendag Nomor 59 Tahun 2016 tentang Peredaran Barang di Dalam Negeri. Meski begitu, dia mengakui Permendag 29/2019 tidak secara rigid menyebut kewajiban label halal.

“Nanti kita akan keluarkan Permendag baru segera untuk menegaskan produk halal ini,” kata Wisnu di Gedung Kemendag, Jakarta, Senin (16/9).

Wisnu mengatakan, nantinya Kemendag akan memasukkan satu pasal mewajibkan hewan dan produk hewan yang masuk ke Indonesia memenuhi syarat halal. Hal itu agar masyarakat tak lagi salah tafsir dengan aturan yang ada.

“Kemendag akan melakukan penegasan kembali supaya Permendag ini tidak salah tafsir dengan menambahkan terkait pemasukan barang itu wajib halal,” terangnya.