Simak 10 Cara Rumahan Atasi Sakit Kepala Usai Tidur Siang

Simak 10 Cara Rumahan Atasi Sakit Kepala Usai Tidur Siang

Ilustrasi: Tidur di siang hari kerap menyebabkan sakit kepala.
(boldsky)

JawaPos.com – Sejumlah orang pasti pernah merasakan sakit kepala saat bangun tidur di siang hari. Sejumlah mitos mengatakan penyebabnya adalah tidur siang yang terlalu lama.

Beberapa orang tidur siang untuk membalas waktu tidur yang kurang di malam hari. Penelitian menyatakan bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tidur siang. Beberapa di antaranya termasuk meningkatkan kewaspadaan dan kreativitas, mengurangi kelelahan, meningkatkan ingatan dan memperbaiki mood.

Namun, seringkali usai tidur siang, beberapa orang mengalami sakit kepala yang parah. Maka dilansir dari Boldsky, Sabtu (17/3), ada sepuluh cara yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan sakit kepala usai tidur siang.



1. Perhatikan Lama Tidur Siang

Sakit kepala terjadi akibat kelelahan dan akibat ketidakseimbangan serotonin dan neurotransmitter di otak. Oversleeping cenderung mengganggu siklus tidur, sehingga lebih sulit untuk tidur nantinya. Untuk mencegah hal ini, dianjurkan untuk tidur selama 8 jam di malam hari dan jangan terlalu lama di siang hari.

Jahe mampu meredakan peradangan pada pembuluh darah di kepala.
(boldsky)

2. Jahe 

Jahe adalah obat yang sangat baik untuk menghilangkan sakit kepala. Jahe mengurangi peradangan pembuluh darah di kepala.

3. Batasi Konsumsi Kafein 

Untuk mencegah sakit kepala, cobalah untuk menghindari terlalu banyak asupan kafein. Terlalu banyak kafein dalam tubuh akan menyulitkan seseorang untuk tidur di malam hari.

4. Minum Banyak Air 

Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka bisa mengalami sakit kepala usai tidur nyenyak. Kopi, alkohol, minuman manis adalah beberapa faktor penyebab dehidrasi. Jadi, minumlah banyak air putih sepanjang hari untuk menghindari sakit kepala.

Kompres es

Mengompres dengan es batu mampu membantu meredakan rasa sakit kepala karena tidur siang.
(boldsky)

5. Es Batu

Es batu bisa mengurangi peradangan pada sel tertentu, yang menyebabkan sakit kepala. Es membantu untuk mematikan rasa sakit. Gunakan dengan handuk, bungkus beberapa es batu dan letakkan di dahi.

6. Yoga 

Yoga adalah cara terbaik untuk menghilangkan sakit kepala yang terjadi setelah tidur nyenyak. Yoga akan membantu merilekskan tubuh dan membebaskan pikiran.

7. Mint

Daun mint adalah pereda sakit kepala yang hebat, karena mengandung menthol. Menthol mengurangi sakit kepala secara alami dan cepat. Kapan pun sakit kepala pasca tidur siang, cobalah minum teh mint atau ekstrak jus daun mint dan oleskan di kening.

Minyak lavender

Semprotkan minyak lavender pada bantal membantu tidur lebih nyenyak.
(boldsky)

8. Minyak Lavender 

Minyak lavender memiliki aroma yang sangat menenangkan dan meringankan sakit kepala. Sebelum pergi tidur, semprotkan beberapa minyak lavender ke bantal untuk membantu rileks dan tidur nyenyak.

9. Akupresur 

Akupresur membawa kelegaan dari sakit kepala karena menargetkan pada titik utama akupresur di dahi, leher, kaki, tangan dan area wajah lainnya. Akupresur mengurangi rasa sakit sepenuhnya.

10. Atur Waktu Tidur Siang Ideal

Tidur selama 10 sampai 20 menit di siang hari, sangat ideal untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Sedangkan tidur lebih 30 menit bisa menyebabkan inersia tidur atau sakit kepala.


(ika/JPC)