Siapkan Skenario Rotasi Kiper

MALANG KOTA – Penjaga gawang menjadi salah satu posisi yang kerap berganti di Arema FC saat ini. Karena itu, jangan heran bila dalam beberapa waktu ke depan, Kurniawan Kartika Ajie, Utam Rusdiana, bahkan Sandy Firmansyah bisa secara bergantian mengawal gawang Arema FC.

Terutama selama periode Juli–Agustus, di mana Arema FC menghadapi 12 pertandingan. Butuh pemain yang fit untuk bermain di setiap pertandingan. Tak terkecuali posisi penjaga gawang.

Internal game yang digelar di Stadion Gajayana kemarin sore (24/6) menjadi salah satu bagian untuk mempersiapkan penjaga gawang sebelum melakoni agenda superpadat.

Dari internal game ini, pelatih kiper Arema FC Yanuar Hermansyah bisa melihat kelebihan dan kelemahan Kartika Ajie dan kawan-kawan. ”Salah satunya decision making (pengambilan keputusan) yang menjadi evaluasi yang harus dibenahi,” kata dia.

Baik Utam, Ajie, maupun Shandy terlihat masih belum berada dalam performa terbaik pada sesi internal game.  ”Ya kami tahu, kami memaklumi karena mereka baru saja latihan fisik. Dalam kondisi tidak pada top performa memang sulit,” kata mantan kiper Arema itu.

Sebelum menggelar uji coba internal, fisik Johan Alfarizie dkk memang digembleng di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan (22/6).

Latihan yang menguras tenaga itu juga diberikan pada penjaga gawang. ”Sama saja, mereka kami berikan latihan fisik sebab kiper kan juga dituntut untuk fit selama 90 menit,” ungkap Begal.

Setelah latihan fisik, para pemain Arema hanya mendapatkan libur sehari dan langsung uji coba internal. Sehingga, tenaga mereka masih belum maksimal.

Karena itu, beberapa pengambilan keputusan masih kurang tepat. Komunikasi antara penjaga gawang dengan pemain lain juga harus ditingkatkan. Dalam uji coba internal kemarin, ada dua gol bunuh diri pemain satu tim. ”Ya beberapa yang tidak kita inginkan terjadi, komunikasi (kiper) dengan pemain lain memang harus ditingkatkan,” kata dia.

Pewarta : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Indra Mufarendra
Fotografer : Darmono