Siapkan Armada Mudik di Terminal Osowilangun

JawaPos.com – Mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang arus mudik Lebaran, Terminal Osowilangun (TOW) bakal mempersiapkan beberapa armada. ’’Lonjakan penumpang di TOW sebagaimana pengalaman tahun lalu terjadi pada H-3 Lebaran,’’ ujar Herry Isbianto, Kabid Koordinator Tata TOW, kemarin (13/5).

Herry belum bisa memastikan jumlah armada tambahan. Sebab, pihaknya harus berkoordinasi lebih dulu dengan berbagai pihak. Salah satunya peng- usaha transportasi yang memiliki armada di setiap jurusan. Untuk se- mentara, tersedia 70 armada untuk jurusan antarkota antarprovinsi (AKAP). Untuk jurusan antarkota dalam provinsi (AKDP), tersedia 258 bus. ’’Di luar itu ada tambahan lagi sebagai persiapan,’’ katanya.

Pada puncak arus mudik Lebaran tahun lalu terjadi lonjakan penumpang yang luar biasa. Bus jurusan Bron- dong–Surabaya yang biasanya hanya 20 armada, baik yang berangkat maupun datang, menjadi 40 armada saat musim mudik. Begitu pun jurusan Bojonegoro–Surabaya yang naik dari 80–90 armada menjadi 110–120 ar- mada setiap hari.

Tahun ini pihaknya memprediksi lonjakan penumpang mulai terjadi pada H-7 Lebaran. Puncak lonjakan penumpang di TOW terjadi pada H-3 Lebaran. Kenaikan penumpang, menurut dia, diprediksi tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. ’’Mungkin sama dengan tahun lalu. Persiapan kami pun mungkin masih sama seperti tahun lalu,’’ jelas Herry.

Untuk memaksimalkan moda trans- portasi dan menjamin keselamatan penumpang selama mudik, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perhu- bungan Kota Surabaya untuk memeriksa kelayakan kendaraan dan penunjangnya secara rutin. Termasuk sopir. ’Nanti masif pemeriksaannya. Psikolog dan dinas kesehatan juga akan terlibat pada pe- meriksaan,’’ paparnya.