Siapa Pun Bisa Punya Toko Virtual, Anda Tertarik ?

SINGOSARI- Profesi jurnalis memberikan keuntungan tersendiri bagi pelakunya. Terutama jaringan. Karena itu, akan sangat bagus jika jurnalis membuka usaha dan menyiapkan skoci sebagai bekal di hari tua.

Berdasar itulah, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk mengajak para jurnalis Malang Raya belajar tentang manajemen ritel, pagi ini (21/2). Mengambil titel Pelatihan Manajemen Ritel dalam rangka Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018, kegiatan tersebut dilangsungkan di aula Alfamart Singosari.

Para pencari berita dikenalkan tentang Alfamind, store virtual 3D pertama di Indonesia. “Siapa pun bisa punya toko virtualnya sendiri,” ungkap Imam Santoso, marketing virtual store Alfamart wilayah Indonesia Timur.

Karena konsep pengembangan Alfamind itu sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang memiliki usaha. Juga sebagai langkah turut mengembangkan UMKM (usaha mikro kecil menengah). “UMKM nanti sebagai pemasok produk-produk yang dijual di toko virtual,” ujarnya.

“Karena toko virtual, maka tidak perlu gedung atau bangunan seperti toko umumnya. Operasional Alfamind berbasis pada smartphone,” sambung dia sambil menerangkan bahwa banyak sekali keuntungan yang diberikan bagi mereka yang bergabung dengan toko virtual ini.

Di antaranya, margin pokok setiap transaksi serta penjualan bersih yang bisa mencapai 15 persen. Margin tambahan (akumulasi penjualan dalam satu bulan) antara 5-10 persen, hingga bonus rekrut jaringan. “Untuk kebutuhan pokok, maka memanfaatkan jaringan toko terdekat. Jika jarak pembeli jauh, ada kurir khusus yang juga disiapkan,” tuturnya.

Sementara itu, marketing communication Alfamart M. Faruq Asrori menambahkan, sudah saatnya para jurnalis menyiapkan usaha sampingan (skoci). Apalagi di saat masih memiliki jaringan kuat. “Yang harus diingat, tidak semua orang bergaul dengan tulus. Jadi manfaatkan jaringan yang dimiliki sekarang,” ucapnya. (nen)