Siapa Pjs Sekda Terpilih?

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

KOTA BATU – Pencarian siapa yang layak menjadi Pejabat Sementara (Pjs) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu, sekarang ini dimulai. Sedikitnya ada 26 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Batu yang layak untuk mengisi jabatan tersebut. Namun, tentu itu menjadi hak prerogratif dari Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Setelah, ada persetujuan dari Gubernur Jawa Timur dan Menteri Dalam Negeri.

Untuk diketahui, jabatan Sekda di Kota Batu mendekati kosong. Sebab, masa tugas Plt (Pelaksana Tugas) Sekda sekarang ini, Alwi akan segera berakhir. Pejabat yang ditunjuk Gubernur Jawa Timur mengisi kekosongan, setelah meninggalnya Sekda sebelumnya Achmad Suparto meninggal pada akhir 2017 lalu. Dia pun, akan menjabat kembali sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum Politik Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu, Wiwik Sukesi mengatakan, sekarang ini masih menunggu persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengenai Pjs Sekda. “Dari gubernur sudah disetujui, tinggal menunggu dari Mendagri, untuk lelang jabatannya juga sudah disetuji. Hanya penunjukan penjabatnya (Pjs) yang masih nunggu,” kata dia kemarin.

Karena masih menunggu ijin dari Mendagri tersebut, Alwi pun kini masih menjadi Plt. “Ya (Alwi masih menjabat), prosesnya kami ikut PP (Peraturan Pemerintah) nomor 3 tahun 2018, sampai ada ijin melantik dari gubernur dan mendagri,” kata dia. Untuk ijin Mendagri, sekarang ini tingggal tunggu hasil.

“Saya sudah mengirim utusan kabid (kepala bidang) berangkat ke jakarta untuk menyampaikan ijin tersebut,” katanya.

Untuk ijin penunjukan Pjs ini, terang dia, bisa diproses cepat. “Sebab jika lima hari tidak ada jawab itu artinya dianggap setuju (menunjuk Pjs),” kata Wiwik. Setelah itu, baru penunjukan yang dilakukan oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. Mengenai siapa nantinya yang akan menjadi Pjs, selama ini memang masih rapat. Namun, ada cukup banyak PNS Kota Batu yang sudah memenuhi syarat.

Sumber koran ini menyebut, siapa yang bakal ditunjuk memang susah ditebak. “Bagai kuda hitam, susah disebut,” kata dia. Namun, lanjut dia, sekarang ini yang menjadi perbincangan akan ditunjuk sebagai Pjs adalah Eddy Murtono, yang sekarang ini menjabat sebagai Inspektorat, Kota Batu.

“Pembicaraan calon kuat adalah Pak Edddy Murtono, namun nanti saat lelang jabatan (sebagai pejabat definitive) nama Pak Alwi masih kuat dan direstui Pemprov,” ujarnya.

Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Machmud menjelaskan, untuk Pjs Sekda memang harus dari lingkup Pemkot Batu. “Mereka harus minimal eselon 2, dan ini cukup banyak. Ada 26 orang kemungkinan yang bisa,” kata dia. Mengenai siapa yang akan ditunjuk, dia sendiri tidak tahu.

“Itu hak preogratif dari Wali Kota, tidak ada yang tahu,” ungkapnya. Siapapun yang ditunjuk Pjs Sekda tentu haruslah yang profesional, dan punya kemampuan.

Selain itu, Pjs setidaknya yang punya senioritas tinggi. “Sebab nanti akan sama-sama memerintah yang satu golongan (PNS eselon 2), sesame kepala dinas itu kan eseloan 2,” kata politisi Golkar itu. Nantinya, Pjs Sekda akan membantu dalam proses lelang jabatan Sekda yang definitive.

“Tugasnya tentu berat, dia (Pjs Sekda) tidak boleh ikut dalam lelang jabatan, saya harap nanti yang ditunjuk juga tidak asal-asalan dalam bekerja,” tukas Didik.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Achmad Yani
Foto: Falahi Mubarok