Siapa Kiper Utama Selanjutnya?

MALANG KOTA – Kans Kurniawan Kartika Ajie, Utam Rusdiana, Teguh Amiruddin, sampai Andriyas Francisco menjadi kiper inti Arema FC terbuka lebar. Bagaimana tidak, hingga saat ini Felipe Americo, pelatih kiper tim berlogo singa mengepal itu belum mengambil keputusan terkait kiper utama.

Keempat nama tersebut masih dianalisis kelayakan mereka untuk mengisi posisi penting di pertahanan terakhir Arema FC itu. ”Saya tidak akan memutuskan sendiri. Harapan saya semua bisa melihat bagaimana kemampuan para penjaga gawang saat tampil,” ungkap pria asal Brasil tersebut.

Jadi, Felipe melanjutkan, sebelum kompetisi Liga 1 bergulir pada 29 Februari mendatang, setiap pemain punya kesempatan yang sama. Hanya yang mendapatkan posisi utama adalah mereka yang dalam proses latihan menunjukkan yang terbaik. Untuk keputusan menjadi kiper utama juga berada di tangan pelatih kepala Roberto Carlos Mario Gomez.

Felipe hanya akan merekomendasi dan memberi masukan terkait plus minus empat kiper yang dimiliki. Meski masih meraba-raba siapa penjaga gawang utama Arema FC, Felipe mengaku kalau para penjaga gawangnya telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Seperti salah satunya adalah kiper muda tim Andriyas Francisco.

Pemain asal Mojokerto dengan postur 175 sentimeter itu punya kelincahan yang bagus. ”Ciko (Andriyas Francisco) kiper yang berkarakter dan mempunyai kemampuan bagus mengatasi bola-bola bawah,” terang dia. Lebih lanjut, progres bagus tersebut juga ditunjukkan Kurniawan Kartika Ajie.

”Progres dia (Aji) sangat bagus. Perkembangan yang sangat signifikan,” jelas dia. Ajie juga cukup konsisten saat Arema FC melawan Sabah FA di Piala Gubernur pada Selasa (11/2). Eks kiper Persiba Balikpapan itu sukses mencatatkan clean sheets. Dan turut membawa Arema FC menang 2-0 atas tim asal Malaysia itu.

Menurut dia, capaian positif para kiper Arema FC tidak terlepas dari kedisplinan pemain dalam proses latihan. Semuanya, sangat bersungguh-sungguh menjalani latihan. ”Yang saya suka, para kiper tidak malu bertanya dan mengerjakan tugas dengan baik,” ungkap mantan pelatih kiper Barito Putera itu.

Sementara itu, terkait program latihan Felipe, Utam mengaku mendapatkan banyak manfaat. Terutama terkait pengambilan keputusan, refleks, agility (kelincahan), sampai kondisi fisik yang lebih prima. ”Banyak sekali hal positif yang didapatkan dari Felipe. Bisa dilihat, saking kerasnya latihan berat badan sampai turun begini dan badan lebih berotot,” pungkas Utam.

Pewarta : Galuh Prasetyo
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro