Siap-Siap Usai Lebaran, Wali Kota Bakal Tertibkan Minimarket Ilegal

Wali Kota Malang Sutiaji

KOTA MALANG – Liburan panjang Idul Fitri 1440 H telah usai. Pemerintah Kota Malang akan fokus menindak tegas toko retail modern yang berada di kawasan Kota Malang.

“Toko retailnya modern yang tidak berizin sudah kami data. Tinggal kami sidak saja,” papar Wali Kota Malang Sutiaji. Ia membahkan minimarket melanggar banyak didominasi pengusaha yang hanya bermodalkan sistem online single submission (OSS) lalu langsung mendirikan usaha pasca-memperoleh nomor induk berusaha (NIB).

Lebih lanjut, Sutiaji memaparkan saat ini pihak pemkot juga sedang dalam masa mendiskusikan peraturan pelaranagan membangun toko retail modern dengan jarak 500 meter dari segala arah dengan pasar tradisional. Hal ini dimaksudkan agar pasar tradisional bisa terus berkembang dan tidak tergilas dengan toko retail modern.

“Semoga dengan tindakan tegas kami, pemilik toko retail modern yang tidak berizin bisa mengerti dengan peraturan yang harus dipenuhi,” imbuh Sutiaji. Ia menambahkan dalam mendirikan toko retail modern tidak hanya memerlukan OSS dan NIB namun juga harus patuh dengan perda yang ada.

Pewarta : Choirul Anwar
Penyunting: Kholid Amrullah