Siap Jadi Pusat Ekonomi, Benahi SDM Dulu

MALANG KOTA – Kala tiga daerah di Malang Raya siap bersinergi, artinya ada peluang besar dalam perekonomian. Tetapi harus ingat, ubah dulu sumber daya manusia (SDM), sebelum infrastrukturnya.

Hal ini disampaikan oleh pakar ekonomi andal, yakni Kresnayana Yahya saat memberikan materi di Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) cabang Malang, Jumat lalu (28/9). Dia menyatakan, ada tiga spot ekonomi Malang yang bakal meningkat drastis. ”Pergerakan properti, hotel, dan entertainment,”ujarnya.

Dosen Jurusan Statistik di Institut Tekologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini menyatakan, Malang harus siap jadi pusat ekonomi di tahun 2019 mendatang. Akan banyak pertumbuhan yang menggeser banyak hal baru, sehingga Malang menjadi kota pilihan untuk menghabiskan akhir pekan. ”Akan tumbuh banyak potensi usaha baru dan dibutuhkan seperti new enterprise, housing, environment, dan event base,” paparnya.

Sayangnya, persiapan menuju pusat ekonomi ini terhalang oleh jumlah pengangguran yang bisa dibilang cukup banyak. ”Yang harus dibenahi adalah kondisi sumber daya manusianya (SDM), harus ditingkatkan kualitasnya,” kata dia.

Misalnya, di perhotelan, pegawai hotelnya perlu di-training kembali dan bisa menerapkan standar tertentu. Itu pun harus didukung dengan kualitas layanan restoran yang mumpuni.  Kalau sudah maksimal dari segi SDM, bisa menjadi contoh daerah lain untuk berkembang.

Selain itu, dia juga menyatakan kepada ratusan peserta seminar yang rata-rata adalah entrepreneur, kalau dalam berwirausaha perlu yang namanya inovasi dan perbaikan, agar produk yang dihasilkan dapat mendunia. ”Perlu optimisme tinggi dalam berwirausaha dan inovasi dengan memperbaiki mutu dan packaging suatu produk,” katanya.

Pewarta: Sandra Desi
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Mardi Sampurno
Fotografer: Darmono