Sholawat Al Banjari Polres Batu hingga Tari Saman Meriahkan Haul Akbar Masyayekh dan Sesepuh Kota Batu

KOTA BATU – Lantunan sholawat Al Banjari dari Polres Batu mengawali acara penutupan Haul Akbar Masyayekh dan Sesepuh Kota Batu di halaman Masjid Agung An Nur Kota Batu, malam ini (Senin, 1/4). Mereka menampilkan bacaan sholawat dengan kreasi musik hadrah yang membuat hati sejuk.

Ada juga hiburan tari saman dari siswi SMA Islam Islam Hasyim Asy’ari yang khusus dilatih oleh mahasiswa se Malang Raya asal Aceh untuk menyambut acara Haul Akbar ini.

Ketua Panitia Peringatan Isra’ Mi’raj dan Haul Akbar Masyayekh dan Sesepuh se-Kota Batu, Imam Mahfudzi mengatakan hiburan tersebut sebagai pembuka acara sebelum menuju acara inti pengajian umum yang akan disampaikan oleh KH Harun Ismail dari Blitar.

“Kita menghadirkan mereka untuk menghibur ribuan tamu pengajian umum ini. Sehingga sambil menuju acara inti, mereka bisa menikmati sajian ini. Dan mengenalkan ada anak SMA Islam di Kota Batu yang cinta budaya Indonesia dengan menari Saman,” ungkapnya.

Sebelumnya, beberapa rangkaian acara telah dilakukan. Mulai dari ruqyah masal, Napak Tilas Sesepuh Kota Batu, Festival Sholawat Al Banjari, dan yang lainnya.



Menurut Imam, melalui acara ini diharapkan generasi penerusnya akan selalu mengingat sejarah Masjid An Nur dan para pendahulunya.

“Minimal kita mengingat para pendahulu kita, apa yang telah beliau lakukan untuk bisa diteruskan ke generasinya. Dan tentunya mengingat kembali sejarah Masjid Agung An Nur Kota Batu ini,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Arifina