Shinzo Abe Jadi PM Jepang Terlama

Shinzo Abe Jadi PM Jepang Terlama - JPNN.COM

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Foto: dok. Biro Pers Istana Kepresidenan

jpnn.com, TOKYO – Shinzo Abe menyatakan kemenangan dalam pemilihan nasional Jepang pada Minggu (21/7). Sebuah kemenangan yang akan memastikan tempatnya dalam sejarah sebagai perdana menteri terlama di negara itu.

Hasil resmi paling lambat Senin (22/7), tetapi penyiar publik NHK mengatakan, untuk sementara koalisi pemerintahan Abe telah memenangkan mayoritas kursi di Majelis Tinggi Parlemen,tapi tidak cukup untuk mengamandemen konstitusi 1947.

“Kami telah berhasil mendapatkan mayoritas,” kata Abe saat hasilnya ditabulasi pada Minggu malam (21/7) waktu setempat. “Dan saya percaya bahwa para pemilih menginginkan fondasi yang stabil dalam politik.”

Hasil itu sangat menggembirakan jika dibandingkan 2006. Saat itu, dia lengser setelah satu tahun menjadi perdana menteri, menyusul kekalahan memalukan partainya dalam pemilihan parlemen.

BACA JUGA: Sah! Shinzo Abe Kembali Pimpin Jepang

Sekarang, Abe, yang kembali berkuasa sejak 2012, hanya butuh waktu empat bulan lagi untuk memecahkan rekor sebagai PM terlama.Jika tidak ada masalah, Abe akan berkuasa hingga 2024. Dia akan menulis ulang rekor sebagai perdana menteri terlama di Jepang pada November.

Perhitungan sementara menunjukkan LDP dan mitra koalisinya Komeito telah memenangkan 69 dari 124 kursi. Pihak oposisi meraih 50 kursi. Ada 245 kursi di Majelis Tinggi, yang anggota parlemennya menjabat selama enam tahun. Pemungutan suara diadakan setiap tiga tahun untuk memilih setengah kamar. Majelis Tinggi tidak dapat dibubarkan untuk pemilihan cepat.

Dengan jumlah kursi yang terbatas, Abe optimistis partai-partai pemerintah akan mendapatkan kursi yang diperlukan untuk memulai amandemen konstitusi. “Ini bukan tentang apakah kita memperoleh mayoritas dua pertiga,” kata Abe. “Ini adalah apakah kita dapat memiliki blok penguasa yang stabil atau tidak.” (MEL/rmol)

Sumber : RMCO.id