Shin Tae-yong Pantau Talenta Muda saat Persebaya vs Bhayangkara

JawaPos.com – RADARMALANG.ID – Pertandingan Persebaya Surabaya kontra Bhayangkara FC dipantau langsung oleh pelatih timnas Shin Tae-yong. Dia ditemani Yoo Jae-hoon, mantan kiper Barito Putera. Keduanya duduk di tribun VIP Stadion Gelora Bangkalan.

Tae-yong punya misi khusus di Bangkalan. ’’Saya ingin melihat kondisi pemain yang masuk skuad training center timnas,’’ kata pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Dari dua tim yang berlaga, total ada enam pemain yang masuk skuad timnas. Empat pemain di antaranya berasal dari Bhayangkara FC. Mereka adalah T.M. Ichsan, Saddil Ramdani, Sani Rizki, dan I Putu Gede Juniantara. Sementara itu, dua pemain lain berasal dari Persebaya. Yakni, Rachmat ’’Rian’’ Irianto dan Hansamu Yama.

Sayang, tak semua pemain itu tampil. Ichsan dan Hansamu bahkan tidak turun dalam laga kemarin. Meski begitu, Tae-yong tak mempermasalahkannya. ’’Saya tidak hanya melihat pemain yang sudah masuk timnas. Saya juga ingin melihat pemain muda potensial yang bisa saya panggil ke timnas,’’ terang pengganti Simon McMenemy itu.

Dalam laga tersebut, beberapa pemain muda memang tampil. Sebut saja Rizky Ridho dan Koko Ari Araya dari Persebaya. Namun, pelatih 50 tahun itu belum bisa berkomentar soal penampilan para pemain muda tersebut.

’’Saya tidak hafal nama-nama pemain. Yang jelas, saya sudah melihat beberapa video pertandingan timnas. Skuad sudah terlalu berumur. Dibutuhkan penyegaran dengan memasukkan pemain muda yang berkualitas,’’ jelasnya. 

Tae-yong juga mengomentari fisik pemain. Menurut dia, pemain timnas pada era sebelumnya memiliki kondisi fisik yang kurang bagus. ’’Kalau fisik buruk, mental sudah pasti buruk. Makanya, kami tingkatkan kondisi fisik. Otomatis mental juga terangkat,’’ imbuhnya.