Setyanto Hantoro Ditunjuk Jadi Dirut Telkomsel yang Baru

JawaPos.com – Setelah Emma Sri Martini meninggalkan posisi Direktur Utama (Dirut) PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), posisi tersebut sempat kosong. Kini, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Indonesia) mengangkat Setyanto Hantoro sebagai Direktur Utama Telkomsel.

Setyanto Hantoro memiliki pengalaman yang tak jauh-jauh dari industri telekomunikasi. Sejumlah jabatan penting PT Telkom pernah dia duduki. Pria kelahiran tahun 1973 itu saat ini juga masih duduk di jajaran petinggi Telkom. Dia diangkat menjadi Direktur Utama PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra), anak usaha Telkom sejak November 2019 sampai saat ini.

Ia juga memegang sejumlah jabatan di Telkom Group, antara lain sebagai Komisaris di PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) sampai saat ini dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (JALIN) sejak 2017 sekarang. Beliau juga menjabat sebagai Komite Investasi di PT Metra Digital Investama (MDI) sejak 2016 sampai sekarang.

Setyanto sebelumnya berkarir di PT Telkom dan telah dipercaya untuk menduduki sejumlah posisi strategis, antara lain EVP Strategic Investment (2016-2019), VP Strategic Investment Execution (2013-2016) dan AVP Business Portfolio and Financial Planning (2010-2012) dan AVP Business and Fmancual Analysis (2009-2010).

VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyampaikan bahwa dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) itu juga turut menunjuk Direktur Network yang baru. Jabatan Direktur Network kini diemban oleh Venusiana Papasi yang sebelumnya dijabat oleh Iskriono Windiarjanto.

“Pengangkatan Direktur Utama dan Direktur Network Telkomsel yang baru ini dilakukan sejalan dengan strategi perusahaan dalam melanjutkan transformasi perusahaan menjadi telco digital company,” ujarnya, Senin (13/1).

Emma Sri Martini beberapa waktu lalu ditunjuk sebagai Direktur Keuangan Pertamina oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham perusahaan sektor minyak dan gas (Migas) tersebut. Emma mengganti posisi Direktur Keuangan Pertamina sebelumnya Pahala Nugraha Mansury yang dipindah ke BUMN sektor bank, Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Berikut susunan direksi Telkomsel saat ini:

Direktur Utama : Setyanto Hantoro
Direktur Sales : Ririn Widaryani
Direktur Finance : Heri Supriadi
Direktur HCM : Irfan A. Tachrir
Direktur Network : Venusiana Papasi
Direktur Planning and Transformation : Edward Ying
Direktur Information Technology: Bharat Alva
Direktur Marketing : Rachel Goh