Setiap Prodi Unikama Ditarget Hasilkan 3 Judul PKM

KABUPATEN MALANG – Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) tak ingin menyia-nyiakan kesempatan mengakses pendanaan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) tahun 2020. Kampus multikultural yang berada di wilayah Kecamatan Sukun ini menarget setiap prodinya.

Targetnya, dari total 17 prodi (program studi) yang ada di sana, Unikama mematok tiap prodi harus bekontribusi memberikan 3 proposal penelitian PKM. Tujuannya, agar peringkat Unikama bisa naik.

“Diharapkan dari 17 Prodi (Program Studi) bisa memberikan kontribusi minimal 3 proposal,” singkat Ayu Asmah SPd MPd, Kepala BAK (Biro Administrasi Kemahasiswaan) Unikama saar gelaran acara sosialisasi klinis proposal PKM tahun 2019 berlangsung beberapa hari lalu.

Ayu menyebut hingga akhir bulan 2019, saat ini Unikama sudah masuk ke dalam cluster 4 dengan jumlah 100 proposal yang sudah terupload.

“Semoga semua proposal yang sudah terupload tersebut terpenuhi kriterianya,” tambahnya.

Acara yang dihelat di Auditorium Multikultural Unikama ini bertujuan agar mahasiswa kedepan tahu apa yang harus dilakukan saat membuat proposal bersama dosen pendamping. Ayu berharap kegiatan ini nantinya akan memberikan yang terbaik bagi Unikama.

Ia turut mengingatkan Ketua Program Studi masing-masing untuk selalu memotivasi mahasiswa, mengingatkan maupun memberikan pendampingan kepada mahasiswanya masing-masing.

Wakil Rektor III Unikama, Dr Joice Soraya, SH MHum sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sosialisasi seperti ini sangatlah diperlukan terutama dalam penyusunan proposal PKM 2019.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa beserta Dosen tidak salah format dalam penulisan proposal. Selain itu, jumlah proposal setiap tahunnya bisa bertambah.

“Jangan pernah menyerah dan teruslah mencoba. Dari kegagalan kita akan terus belajar dan melakukan perbaikan bersama,” tukasnya menyemangati.

Kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari LLDIKTI, Dr Widyo Winarso MPd dan dari Ristekdikti, Dr Bambang Dwi Argo DEA.

Tujuan dihadirkan narasumber terpercaya dari LLDIKTI dan Ristekdikti adalah untuk sosialisasi perubahan format penulisan proposal di tahun 2020.

“Perubahan dari segi kebijakan pendanaan dan juga kebijakan yang menyangkut masalah teknis. Nantinya pedoman tersebut akan dituangkan dalam 9 buku,” paparnya.

Ada 9 macam pedoman PKM untuk 2020, buku 1 PKM penjelasan PKM , buku 2 penelitian, buku 3 kewirausahaan, buku 4 pengabdian masyarakat, buku 5 penerapan teknologi, buku 6 karsa cipta, buku 7 gagasan tertulis, buku 8 artikel ilmiah dan buku 9 gagasan futuristik konstruktif.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan klinis PKM Tahun 2019 ini, jumlah proposal akan terus bertambah setiap tahunnya dan dengan format penulisan yang telah ditentukan.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Unikama
Editor : Indra M