Setelah 3 Periode, Akhirnya MUI Miliki Gedung Sendiri

KOTA BATU – Sejak berdirinya Kota Batu pada 2001 lalu, akhirnya kemarin (14/2) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batu punya gedung sendiri. Meski gedung yang saat ini ditempati sifatnya masih sementara.

Gedung baru MUI Kota Batu ini berada di Jalan Bukit Berbunga Nomor 13, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. Dengan gedung baru ini, MUI pun tidak harus berpindah-pindah atau menyewa tempat saat mengadakan acara.

Ketua MUI Kota Batu KH Abdullah Thohir sangat bersyukur atas gedung baru itu. Menurut dia, meski sifatnya masih sementara, namun gedung baru itu cukup meng-cover jika MUI mempunyai acara ataupun ada tamu dari luar kota.

”Juga mempermudah melakukan koordinasi untuk tiga kecamatan,” tutur dia. Sebelumnya, Thohir mengatakan, selama 3 periode MUI Kota Batu tidak memiliki gedung. Sehingga, jika ada event selalu kebingungan mencari tempat. ”Untuk tahun ini tidak akan terjadi lagi,” ungkap dia. Gedung sementara ini pun aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

Kemarin dalam peresmian gedung baru MUI Kota Batu itu, turut hadir Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Waka Polres Batu Kompol Suharsono SH, dan para tamu lainnya. Nantinya, Thohir melanjutkan, gedung ini juga akan menjadi pusat pengembangan pemuda di bidang information technology (IT), seperti mengisi dakwah melalui media sosial.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, ke depan ingin MUI Kota Batu mempunyai gedung yang representatif, yang berada di pinggir jalan, agar mudah ditemukan orang. Untuk tahun ini masih dalam tahap perencanaan. ”Tahun depan bisa langsung eksekusi,” imbuh Dewanti.

Untuk sementara, menurut dia, gedung yang terletak di Sidomulyo itu bisa digunakan sebagai alternatif. ”Daripada tidak ada sama sekali,” imbuh Dewanti. Dia menambahkan, dengan adanya gedung sementara ini, MUI Kota Batu lebih mudah menjalankan program. Sebab, sudah ada tempat untuk digunakan berkoordinasi.

Pewarta : Ulfa Afrian
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro