Setahun Memimpin Kota Malang, Begini ‘Rapor’ Sutiaji

KOTA MALANG – Satu tahun sudah Wali Kota Malang, Sutiaji dan Wakilnya Sofyan Edi Jarwoko memimpin Kota Malang. Mengacu hasil survei prodi Ilmu Politik Universitas Brawijaya (UB) April 2018, tingkat kepuasaan masyarakat terhadap kinerja keduanya sebesar 58,1 persen.

Sementara 34,4 persen merasa tidak puas, 6,1 persen sangat puas dan 1,3 persen tidak puas dengan kinerja pemerintah yang ada.

Survei tersebut diambil dari 400 responden rumah tangga di 5 kecamatan, menggunakan multistage random sampling.

“Sebanyak 13,4 persen alasan tidak puas dan puasnya adalah karena pembangunan infrastruktur terutama jalan berlubang yang viral itu,” ujar akademisi Ilmu Politik FISIP UB, Wawan Sobari dalam refleksi kinerja Sutiaji-Edi, di Gedung B lantai 7 FISIP UB, Senin (30/9).

Menurut Wawan, jalan merupakan hal yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Ketika jalanan rusak, maka yang disorot tentu saja kinerja pemerintahannya.

Sementara alasan puas dan tidak puas masyarakat paling rendah sebesar 7,1 persen dalam hal layanan kesehatan.

Wali Kota Malang, Sutiaji pun berterimakasih atas masukan tersebut. Ke depan ia berjanji akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur. Dengan menciptakan integrasi berbagai lini.

“Saya butuh kerjasama 3 daerah dalam pembangunan infrastruktur. Seperti jalan berlubang. Juga bagaimana masalah drainasenya nanti juga bisa tuntas,” terang politisi Partai Demokrat itu.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Laoh Mahfud
Editor:Indra M