Serunya Pertandingan Sumo Antar Robot di UIN Malang

Asyik dan Inofatif, Credia ID Hadirkan Lomba Sumo Robot Tanpa Kabel dan Magnet

KOTA MALANG – Salah satu lomba di acara Creative Idea in Development (Credia Id), yakni Autonomous Sumo Robotic atau Sumo Robot menjadi ajang yang menarik perhatian penonton.

Sebab, di lomba tersebut, puluhan robot buatan mahasiswa dan siswa se-Indonesia itu menggunakan sistem non-magnetik dan bergerak tanpa remot kontrol.

Terlihat di lomba yang bertempat di Gedung Rektorat UIN Malang lantai 1 itu, robot tersebut bergerak dengan dinamik saat berjuang mengeluarkan robot lainnya dari arena sumo yang berdiameter 1.54 meter.

Alhasil, sejumlah penonton dan juga peserta nampak antusias menyemangati robot-robot tersebut.

“Lomba ini memang jarang dilakukan di Indonesia. Di lomba Ini terlihat lebih dinamis gerak robotnya tidak terpatah-patah (karena tidak memakai magnet) dan juga tanpa kabel atau diarahkan dengan remot. Ini merupakan kompetisi yang inovatif dan menarik. Ini memang tujuan kami untuk mengembangkan teknologi yang inovatif,” ujar PJ lomba Sumo Credia ID Afrizal Rizqi Ramadhan kepada radarmalang.id.

Ia juga menjelaskan lomba ini diikuti 12 peserta dari berbagai universitas dan juga sekolah seperti Politeknik Negeri Surabaya (Pens) serta SMP Luqman Al-Hakim Surabaya. “Mereka berkompetisi satu-satu dengan menggunakan sistem gugur,” tuturnya.

Dari perlombaan tersebut dipilihlah 3 pemenang masing-masing mendapat uang prestasi sebesar 3 juta untuk juara ke-1, 2 juta untuk juara ke-2, dan juara tiga mendapat juara ke-3. “Selain itu mereka juga akan mendapat piala dan sertifikat,” ujarnya.

Sebagai informasi, selain lomba Autonomous Sumo Robotic dalam Credia Id ini juga ada lomba lainnya, yakni IoT Development, Game Development, Line Follower Robotic, dan Cinematography Competition.

Selain itu ada pula Credia Talks yang mengundang beberapa expert startup, yakni, Lucky Esa, M. B.A (Coach Swiss Indonesia Accelerator), Iqbal Hariadi (Head of Marketing Kitabisa.com), dan Rendy Maulana (CEO Qwords, Cloud Web Hosting ID).

Credia Id ini merupakan acara terkait perkembangan teknologi yang pertama kinya diwlar oleh Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang. Dalam tahun pertamanya ini, kedua fakultas tersebut didukung pula oleh Dinas Perindustrian kota Malang serta radarmalang.id sebagai media partner.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimanatara Leander
Editor : Indra M