Serunya Lomba Bercerita Ala Anak SD

KABUPATEN – Guna mendorong semangat literasi sejak dini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Malang menggelar Lomba Bercerita SD/MI yang diikuti oleh 33 siswa dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

Bertempat di Hotel Pelangi Kota Malang, Kepala Disperpusip Kabupaten Malang, Sukowiyono, mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud kepedulian nyata dalam mempercepat program pengembangan minat budaya baca anak terhadap buku-buku cerita. “Selain itu juga untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai bacaan untuk menambah cinta kebudayaan bangsa,” ungkapnya.

Seperti tertuang dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, Suko menuturkan bahwa budaya gemar membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

Menurutnya, membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan baik dari aspek formal maupun non formal.
“Lomba bercerita merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan kegemaran membaca bagi siwa-siswi SD maupun MI sekaligus untuk melestarikan budaya daerah melalui cerita rakyat, sehingga diharapkan akan menumbuhkan rasa kekaguman anak kepada khasanah budaya Bangsa,” tambah Suko.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Ratna Indrayani yang juga ketua Panitia kegiatan menambahkan bahwa lomba ini diikuti oleh siswa kelas 4 dan kelas 5.

“Materi lombanya kami tetapkan menggunakan sumber dari buku cerita rakyat Kabupaten Malang, kisahnya tentang cerita rakyat mengandung nilai kepahlawanan atau legenda,” jelasnya.

Dari 33 peserta yang mengikuti lomba tersebut dewan juri memilih 5 peserta terbaik untuk kembali maju ke babak final. “Senin pekan depan akan kami lombakan kembali untuk menentukan juaranya,” ujar Ratna.

Juara 1 dalam kompetisi ini nantinya akan mewakili Kabupaten Malang dalam lomba bercerita tingkat Provinsi Jawa Timur. (iik/lid)