Serunya Berlatih Wushu Bareng Olivia Zalianty

Pelatihan ini digelar agar Pramuka putri mampu mempertahankan diri jika suatu waktu mendapati tindak kriminal. Olivia juga mengajarkan kunci kedisiplinan dalam latihan tersebut. Menurutnya, penting setiap manusia apalagi seorang perempuan memiliki teknik dasar bela diri.

“Hal itu selain untuk meningkatkan kepercayaan diri juga untuk menjaga diri perempuan itu sendiri,” ujar Olivia Zalianty dalam keterangan tertulis, Rabu (22/11).

Olivia Zalianty ajari Pramuka latihan Wushu
(Ist for Jawapos.com)

Di zaman mutakhir seperti sekarang, menurutnya kepercayaan diri sangat penting. “Dengan kepercayaan diri dan prestasi yang terus meningkat diharapkan dapat menambah nilai dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat,” paparnya.

Dengan begitu, lanjutnya, pelatihan itu diharapkan dapat menambah wawasan dan pengalaman Pramuka putri untuk menghargai dirinya sendiri. Sehingga lebih terbuka tanpa meninggalkan kodrat sebagai perempuan.

“Juga diharapkan dengan pelatihan beladiri dapat meningkatkan kepercayaan diri, lebih sehat lagi dan menjadi perempuan tangguh yang bisa mengambil aspek dalam pembangunan bangsa,” papar Olivia.

Olivia mengajarkan teknik dasar Wushu dan berkembang menjadi Wingcun. Selain dasar dan filosofinya bagus, dia memiliki segudang pengalaman di bidang itu.

“Saling berbagi, sharing juga, saling belajar bersama adik-adik Pramuka putri,” terangnya.

Para peserta Perkempinas mengaku senang mengikuti pelatihan ini. Mega Putri, peserta asal Sumatera Utara mengaku makin percaya diri setelah pelatihan ini.

“Kalau nanti ada ancaman yang enggak-enggak, saya siap menjaga diri,” tegasnya.

Perkempinas diikuti 1.550 Pramuka Penegak dan Pandega putri (usia 17-24 tahun) dari 34 Provinsi di Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Pantai Manggar Balikpapan, Minggu (19/11). Kegiatan ini juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri, tokoh masyarakat lainnya.


(ika/JPC)