Seruan Kang emil Kepada Warga Jabar Dalam Rangka Earth Hour

Seruan Kang emil Kepada Warga Jabar Dalam Rangka Earth Hour

Bapak dari dua orang anak ini menyerukan gerakan matikan lampu kepada masyarakat Indonesia terkhusus Jawa Barat dan sekitar dalam rangka Earth Hour. “Mari kita turut mematikan lampu. Ini kegiatan positif yang perlu kita support,” kata Ridwan Kamil, Sabtu (24/3).

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil menuturkan, dengan memadamkan lampu listrik selama satu jam maka telah menghemat energi. Walau tidak terlalu besar, namun pemadaman yang dilakukan serentak secara global maka penghematannya akan sangat besar.

“Tapi yang lebih penting dari kegiatan ini, menyadarkan kita semua akan terjadinya perubahan iklim akibat pemanasan global. Penghematan energi listrik, bisa menekan laju peningkatan pemanasan global atau global warming,” jelasnya.

Selain itu, Kang Emil pun memberikan janji jika terpilih dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 bersama wakilnya Uu Ruzhanul Ulum, dirinya akan mengembangkan energi baru dan terbarukan di Jawa Barat.

“Itu meliputi energi potensial air, energi surya, angin dan bio energy,” ujarnya.

World Wide Fund for Nature (WWF) memprakarsai kegiatan Earth Hour dan akan dilakukan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahun. Pemadaman lampu selama satu jam bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim.

Tahun ini (2018), Earth Hour di Indonesia menjadi special karena WWF Indonesia bekerjasama dengan Indonesian Asian Games Organizing Committee (INASGOC) dan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK). Aksi yang dilakukan yakni mematikan lampu penerangan dan dekorasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, selama satu jam mulai pukul 20.30 WIB.


(ona/JPC)