Sepekan Terus Tertekan, IHSG Akhirnya Rebound 1,38% ke Level 5.907

JawaPos.com – Setelah sepekan lalu terus mengalami trend penurunan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (20/5) mulai berbalik menguat (rebound) dan ditutup ke posisi 5.907 atau menguat 1,38 persen.

Penguatan indeks sudah terlihat saat penutupan sesi awal perdagangan. Sempat merah di awal pembukaan, indeks komposite berangsur-angsur pulih dan ditutup menghijau ke level 5.866 atau menguat 0,68 persen di sesi I perdagangan.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji menyampaikan penguatan indeks pada penutupan perdagangan saham hari ini dipengaruhi sentimen positif di domestik maupun global.

Ilustrasi Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Sentimen positif di dalam negeri, kata Nafan, menyusul langkah-langkah antisipatif pemerintah menjaga stabilitas politik dan keamanan. Sejumlah antisipasi pemerintah di bidang perekonomian juga diyakini akan mendukung langkah-langkah menjaga stabilitas fundamental makro ekonomi.



“Di sisi lain, secara global, sentimen positif dari membaiknya kinerja pertumbuhan ekonomi Jepang serta menguatnya harga komoditas dunia turut mempengaruhi perilaku para pelaku pasar untuk melakukan akumulasi beli,” kata Nafan kepada JawaPos.com, Senin (20/5).

Kendati telah mengalami rebound pada penutupan perdagangan hari ini, Nafan memprediksi trend penguatan tersebut hanya sementara. Menurutnya, sentimen perang dagang antara dua negeri adidaya, Amerika Serikat dan Tiongkok masih terus menekan negara berkembang lainnya. Termasuk Indonesia.

“Sejauh ini sentimen perang dagang antara AS-Tiongkok masih tetap exist. Kondisi ini bisa mempengaruhi pergerakan indeks ke depan,” pungkasnya.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain sebagai berikut.

1. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI)

2. PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA)

3. PT Gudang Garam Tbk. (GGRM)

4. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP)

5. PT Indocement Tunggal Prakarsa (INTP)

6. PT Waskita Karya Tbk. (WSKT)

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Igman Ibrahim