Senam Sehat Ceria ala Guru TK

Sekitar 200 guru TK berlatih senam sehat ceria di Gedung Pancasila, Balai Kota Among Tani, kemarin (10/3).

KOTA BATU – Untuk persiapan menyambut hari anak sedunia yang jatuh pada 23 Juli mendatang, Ikatan Guru TK se-Indonesia (IGTKI) serta Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) bersama Dinas Pendidikan Kota Batu mengadakan latihan pemantapan senam versi terbaru bagi seluruh guru TK dan KB (kelompok bermain) yang ada di Kota Batu. Acara yang digelar di Gedung Pancasila Balai Kota Among Tani ini diikuti sebanyak 300 guru TK dan 200 guru KB.

”Guru yang hadir di sini dari Raudhatul Athfal (RA). Ini setingkat TK dan KB serta Satuan Paud Sejenis (SPS) se-Kota Batu,” ujar Kepala Bagian Pendidikan Non Formal Titing Nurhayati kemarin (10/3).

Menurutnya, senam bersama ini merupakan versi terbaru dari senam-senam yang sebelumnya sudah diajarkan kepada para murid. Nama senam ini adalah senam sehat ceria.

”Kalau versi baru ini memang masih sangat-sangat baru. Makanya kami adakan acara pemantapan bersama sebelum diajarkan kepada anak-anak,” ujar Titing.

Nantinya, menurut Titing, pada hari anak nasional, para siswa TK, KB, RA, dan SPS se-Kota Batu akan bersaing antarsekolah dalam lomba senam sehat ceria. Sebelumnya, ada beberapa perwakilan guru yang dikirim ke Surabaya untuk membuat gerakan senam baru di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.



Untuk membuat gerakan senam yang baru itu, dihadirkan pula pelatih senam kawakan asli Surabaya, Rudi Poco-Poco. ”Gerakan yang baru pemanasannya ada empat, dan inti senamnya ada empat juga, serta pendinginan ada 4 juga. Total ada 12 gerakan,” ujar Rudi.

Musik pengiring senam juga sudah disiapkan. Menurutnya, lagu senam sehat ceria juga lebih enak. ”Kami latihan ini pakai lagunya Via Vallen yang judulnya Sayang, biar makin energik ibu-ibu di sini,” tambah Rudi.

Salah satu guru TK, Rini Priyandari, mengaku senam sehat ceria versi terbaru ini lebih mudah diikuti dan lebih variatif. ”Karena kami fokus untuk hari anak nasional, tentunya gerakan senam versi baru ini lebih cepat diberikan pada anak-anak. Dan saya yakin mereka akan cepat menguasai gerakannya,” ujarnya.

Pewarta: NR2
Penyunting: Aris Syaiful
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Bayu Eka