Sempat Lari, ASN Kota Batu Pengonsumsi Narkoba Diringkus BNN

KOTA BATU – Nama aparatur sipil negara (ASN) Kota Batu, tercoreng. Akibat perbuatan salah satu anggotanya yang mengkonsumsi dan menyimpan barang haram narkotika golongan 1 sabu – sabu, AH tertangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu pada Jum’at (22/2).

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai ASN di area pemerintah Kota Batu tersebut ditangkap di rumah kosnya Jl Samadi Gg 1, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu.

“Kami mendapat informasi dari warga sekitar pada selasa (5/2) yang lalu, setelah dilakukan penyelidikan selama 18 hari akhirnya pelaku kami tangkap dikediamannya. Saat ditangkap pelaku mencoba lari ke kamar mandi dan kami duga AH membuang sesuatu yakni sabu di kloset,” ungkap Kepala BNN Kota Batu, Mudawaroh saat konferensi pers di Kantor BNN Rabu (27/2).

Lebih lanjut Mudawaroh menjelaskan, jika pelaku asal Lumajang ini pernah mengkonsumsi barang haram tersebut saat di bangku kuliah dan sempat berhenti lama. Namun, 2 tahun terakhir ini AH mulai mengkonsumsi kembali dan berdalih sebagai pelarian karena stress.

“Ia sudah sempat berhenti, namun 2 tahun terakhir aktif kembali menggunakan sabu karena pelarian dari masalah internal keluarga,” imbuhnya.



Dari kejadian tersebut, barang bukti yang disita BNN Kota Batu diantaranya total sabu 4,81 gr, ganja 52,97 gr, pipet kaca sisa sabu, timbangan digital, Hp, dan masih banyak lainnya. Pelaku AH dijerat dengan pasal 114 ayat (1), 112 ayat (1), dan 111 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Ancaman hukumannya paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun penjara,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Fia