Sempat Kena Blokir, TikTok Kini Mesra dengan Kemenkominfo

JawaPos.com – RADARMALANG.ID – Platfom video pendek TikTok kini naik daun lagi di Indonesia. Platform yang dulu sempat dipandang sebelah mata karena kontennya yang dianggap alay itu, kini justru digandrungi.

Bahkan TikTok kini banyak digunakan oleh selebritis tanah air. Keberadaan selebriti pun dianggap oleh pihak TikTok Indonesia mampu mendongkrak popularitas platformnya. Tak hanya itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dulu sempat ‘sengit’ dengan TikTok pun kini justru mesra dengan platfom milik Beijing ByteDance Technology asal Tiongkok itu.

Kemenkominfo kini memiliki akun TikTok dengan nama id ‘Kemkominfo’. Bahkan, Kemenkominfo dengan akun TikTok-nya itu menyandang status Verified Account.

Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu menjelaskan, pemblokiran TikTok kala itu karena terkait dengan konten. Diketahui, di era kepemimpinan Menkominfo Rudiantara, atau tepatnya pada Juli 2018 lalu, TikTok dengan Kemenkominfo memang sempat panas. Hal ini lantaran platfom tersebut banyak mengandung unsur pornografi dan tidak ramah anak.

“Jadi benar, Kemenkominfo sempat memblokir satu minggu TikTok. Awalnya karena isu terkait konten. Kemudian langkah yang dilakukan tim TikTok Indonesia dan kawan-kawan begitu luar biasa dan memastikan setiap konten yang diposting di TikTok itu nyaman, aman dan sesuai dengan regulasi di Indonesia,” ujar Ferdinandus di Jakarta yang mengahdiri acara program panduan TikTok Indonesia mengantisipasi bullying, Selasa (11/2).

Pria yang karib disapa Nando itu kini memastikan kalau TikTok aman. Dirinya juga berdalih bahwa mereka yang memiliki akun TikTok adalah upaya Kemenkominfo untuk adil terhadap setiap platfom.

“Sampai hari ini Tiktok aman. Kominfo juga sudah punya akun di Twitter, YouTube, di Facebook, dan digital platform lain. Kenapa tidak denhan di Tiktok. Kita harus bertindak adil dalam segala aspek. Termasuk dalam regulasi, termasuk dalam memahami platform,” tandasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto