Seminar FEB UB Ini Bongkar Pentingnya Personal Branding

KOTA MALANG – Personal branding atau imej diri bisa menjadi kunci sukses di dunia kerja. Sayangnya, tak semua orang paham apa itu personal branding, serta bagaimana memaksimalkannya.

“Semua orang itu kan punya keunikan. Termasuk mahasiswa. Tapi kadang, mahasiswa nggak pede. Contohnya, ada mahasiswa suka advokasi, tapi nggak pede. Akhirnya ikut-ikutan temannya ke divisi lain. Ini berarti mahasiswa tersebut belum punya personal branding,” kata Bagus Ramadhan, Brand Strategies TEKNOIA Creative, dalam pelatihan ‘Komunikasi dan Personal Branding’ di Ruang Sidang Utama FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) UB (Universitas Brawijaya), Sabtu (16/11).

Dalam kegiatan yang diikuti 22 mahasiswa semester 5 sampai 8 itu, Bagus memberi tips bagaimana cara membangun personal branding. Tak hanya teori tapi juga praktek.

Di antaranya, Bagus meminta mahasiswa membuat tulisan. Isinya soal pengenalan diri. Termasuk apa keahlian dan kesukaannya. “Serta apa yang harus dilakukan dengan keahliannya,” kata dia.

Sementara itu, Penanggungjawab Kegiatan Pelatihan Komunikasi dan Personal Branding, M Abdi Dzil Ikhram, SE, MM berharap saat lulus para mahasiswa tidak lagi bingung mau bekerja sebagai apa.

“Di level kerja manapun personal branding sangat dibutuhkan. Bisa mulai dari penggunaan sosial media. Itu bisa dilihat bagaimana mahasiswa membuat framing tentang dirinya. Begitulah ketika diterapkan di kehidupan nyata,” bebernya.

Perlu diketahui, acara ini merupakan wujud pengabdian masyarakat dalam bidang human resource yang dibuat oleh para dosen. Yakni oleh Abdi bersama Dr Dra Sumiati, SE, MSi, CSRS, Prof Dr Drs Margono, SU, dan Nadiyah Hirfiyana Rosita, SE, MM,CMA.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Editor : Indra M