Semarak HUT ke-60 SMPN 6 Malang, Mulai dari Alumni Mengajar, hingga Bagi-Bagi Sembako

Wakil Wali Kota Malang yang juga alumni SMPN 6 Malang Sofyan Edi Jarwoko memberangkatkan peserta gerak jalan, Sabtu (18/1).

KOTA MALANG – SMPN 6 Malang genap berusia 60 tahun pada 15 Januari lalu. Sebagai bagian dari peringatan hari jadinya, SMPN 6 Malang menggelar sejumlah acara, Jumat (17/1) dan Sabtu (18/1).

Mengusung tema ‘Ukir Prestasi jadi Prasasti’, acara HUT melibatkan Ika Spenmal (Ikatan Alumni SMPN 6 Malang). Di antaranya, para alumni menjadi pengajar pada program alumni mengajar.

“Mulai angkatan 1965 semuanya terlibat. Mereka bukan mengajar pelajaran tapi lebih kepada motivasi. Ada 24 kelas.  Yang diajar kelas 7-8,” ujar Kepala SMPN 6 Malang Risna Widyawati, S.Pd.

Selain itu digelar pula tasyakuran, istigosah dan pembagian sembako gratis. Sebanayk 151 paket sembako didistribusikan siswa ke daerah di sekitar SMPN 6 Malang. Terutama di Kelurahan Bareng.

“Isinya ada beras, minyak, kecap, dan masih banyak lagi. Ini juga bagian dari sumbangan alumni untuk kami,” imbuhnya.

Adapun hari ini, alumni juga menghimpun dana untuk sumbangan pendidikan bagi siswa yang kurang mampu. Totalnya senilai Rp 11,4 juta untuk 152 siswa dan diberikan secara simbolis oleh Wakil wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko selaku alumni SMPN 6 Malang tahun 1983.

Di kemeriahan acara jalan sehat dan bazar hari ini pun alumni juga menggeber sembako murah. Menjual beragam bahan pokok seperti beras sampai minyak dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran. “Ini juga berkat alumni lho,” timpalnya.

Sementara Ketua IKA Spenmal, Sugiyono mengatakan bahwa sejak 10 tahun terakhir memang alumni selalu aktif memeriahkan hari jadi SMPN 6 Malang. Pria yang akrab disapa Yangkung ini merinci untuk acara tersebut, para alumni mengumpulkan data kurang lebih Rp 15 juta.

“Ini lebih banyak, tahun kemarin hanya Rp 2 juta. Uangnya kami serahkan pada panitia semua terserah dibuat konten acara apa. Yang penting kami ingin acara ini meriah dan bisa menimbulkan kesan,” ungkap alumni SMPN 6 tahun 1973 itu.

Ia berharap momen ulang tahun tak hanya menjadi selebrasi, tapi juga saat-saat mengingat sejarah. “Disini tempat mengingat, mengenang kembali dedikasi SMPN 6 Malang, dari gurunya, staffnya. Semoga SMPN 6 semakin berprestasi,” imbuh dia.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu

Editor : Indra M