Selebgram Rangsang Profesi Tata Rias Artis

JawaPos.com – Dunia hiburan Indonesia tak pernah membosankan untuk dibahas. Apalagi belakangan ini kilau dunia entertainment itu kian memesona dengan hadirnya berbagai platform digital.

Dunia entertainment tak melulu bicara mengenai layar kaca. Seiring kemajuan teknologi, dunia entertainment kian meluas hingga ke media sosial.

Sebagai contoh, Instagram yang banyak menghasilkan selebgram. Mulai dari masyarakat awam yang memiliki keunikan, hingga artis ternama dengan segala lika likunya menjadi hiburan tersendiri dan mampu menyedot perhatian masyarakat.

Kemunculan para pesohor yang baru setiap hari juga menjadi peluang bagi profesi Make-up Artist untuk turut merasakan kilau dunia entertainment. Pekerjaan yang satu ini semakin bertambah dari hari ke hari berkat banyaknya artis baru yang bermunculan saat ini. Lagi pula, memiliki profesi sebagai artis dituntut untuk selalu tampil cantik agar para penggemar tetap memuja dirinya.



“Dunia digital yang kian berkembang sekarang, menjadikan make-up sebagai sebuah kebutuhan yang mutlak,” ujar Kim selaku Kepala Sekolah Tata Rias MANEKIN.ID dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/6).

Menurut dia, kebutuhan make-up semakin meningkat seiring dengan kemajuan informasi dan perkembangan dunia medsos. Pekerja seni professional kini tak lagi terbatas bagi artis yang tampil di layar kaca atau model majalah dan fashion. Juga meliputi selebgram, vlogger dan youtuber. Dampaknya, tidak sedikit yang ingin tampil maksimal untuk membagikan pengalaman hidupnya kepada khalayak ramai.

Profesi make-up artist ini dibutuhkan hampir dalam setiap acara. Tata rias menjadi pekerjaan yang sangat bergengsi. Selain dapat merias para artis, bayarannya terbilang cukup mahal. Apalagi jika hasil riasan dari perias itu bagus dan sudah terkenal.

Make-up artist kini menjadi profesi yang kian diminati dan diyakini memiliki peluang bisnis. (Istimewa)

Kini sekolah tata rias pun terus berkembang yang membuat siswanya bisa menjadi perias profesional. Natalia Oswandi selaku founder MANEKIN.ID menambahkan, dengan belajar di rias di sekolah resmi, siswanya bisa mendapatkan skill yang lebih baik karena dibekali dengan modul yang lengkap dan pengajar yang berpengalaman.

Ada juga sekolah tata rias menyediakan program magang bagi siswa yang lulus dengan nilai terbaik. “Siswa kursus bisa mendapatkan portfofolio untuk meningkatkan karirnya di bidang MUA,” kata dia. Natalia berharap para pecinta tata rias bisa mencari kesempatan untuk mengembangkan kegiatan wirausaha.