Selamatkan Kota Malang dengan Biopori Dimulai dari Kantor Radar Malang

KOTA MALANG – Pembukaan Gerakan 1000 Pohon dan Biopori dilaksanakan di Kantor Jawa Pos Radar Malang, Jum’at (1/3). Hal ini juga sebagai penanda dimulainya gerakan sosial dalam rangka memperingati HUT Kota Malang ke-105.

“Ini sebuah gerakan bersama yang ditargetkan selesai April nanti sebagai kado yang bisa menyelamatkan,” kata Ketua Komunitas Peduli Demokrasi Malang Raya, Imam Muslikh.

Menurutnya, persoalan genangan air ataupun banjir bukan saja tanggung jawab pemimpin daerah. Tapi juga harus menjadi perhatian bersama.

“Kita hanya memulai di sini, berawal dari Radar Malang. Berharap, nanti akan dilanjutkan ke masyarakat. Bahkan sudah ada 17 kelurahan yang minta untuk biopori ini,” imbuhnya

Ya, tak hanya kantor media. Nantinya biopori akan diberlakukan di masing-masing kelurahan se-Kota Malang dengan efek jangka panjang.



“Banyak yang tanya, apa bisa mengatasi banjir. Ya memang enggak. Tapi setidaknya genangan jadi berkurang. Yang terpenting akan menabung air atau water banking,” tandasnya.

Water banking sendiri juga diharapkan bisa menjadi solusi atas keprihatinannya terkait kurangnya sumber air di Kota Malang

Acara pembukaan secara simbolis ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko serta Direktur Jawa Pos Radar Malang, Kurniawan Muhammad.

Pewarta : Feni Yusnia
Foto : Feni Yusnia
Penyunting : Fia