Selamat! Nico Rosberg jadi Juara Dunia Formula 1 2016

Selamat! Nico Rosberg jadi Juara Dunia Formula 1 2016 - JPNN.COM

Nico Rosberg. Foto: AFP

ABU DHABI – Driver Mercedes Nico Rosberg memastikan diri menjadi juara dunia Formula 1 2016, di seri terakhir yang digeber di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu (27/11) malam WIB.

Meski hanya finis kedua, di belakang rekan satu timnya, Lewis Hamilton, namun itu sudah cukup buat Rosberg meraih gelar juara dunia pertama dalam kariernya.

Dengan berada di podium kedua di Abu Dhabi, Rosberg mengumpulkan 385 poin di klasemen akhir. Sementara Hamilton, juara musim kemarin, berada di posisi kedua dengan 380 poin.

Saat memulai balapan di Yas Marinas, Rosberg memang cuma butuh finis di posisi tiga besar. Driver asal Jerman itu cukup punya modal besar karena dia start dari posisi kedua, di belakang Hamilton yang pole position.

Dalam pertarungan di lintasan, Hamilton tampil dominan. Start terdepan, mulus hingga garis finis dengan strategi dua pit stop. Di empat sampai lima lap (dari 55 lap balapan) terakhir, Jet Darat Hamilton tampak mulai melambat.

Rosberg mendekat, dan dua pembalap di belakangnya, Sebastian Vettel (Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull) juga merapat. Bahkan duel antara Vettel dan Verstappen memperebutkan tempat akhir di podium juga sengit. Saking serunya, duel Vettel dan Verstappen justru membuat dua mobil mereka mendekat ke dua driver di depan.

Di lap terakhir, Vettel sempat sangat mengancam Rosberg, namun jalan Rosberg untuk menjadi juara sudah tak terbendung. Selamat Rosberg. (adk/jpnn)

Hasil GP Abu Dhabi