Selamat Datang GIIAS 2019 ICE BSD, Sejumlah Mobil Baru Melenggang

JawaPos.com – Pameran otomotif Indonesia yang diklaim berskala internasional, Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019, akan dibuka pada Kamis (18/7). Ajang pameran ini digelar di Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Banten. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi menyampaikan, GIIAS 2019 rencananya bakal dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Berdasar jadwal, acara pembukaan dilangsungkan pada pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB di Nusantara Convention Hall, ICE BSD. Gelaran ini sendiri akan berlangsung hingga Minggu, 28 Juli 2019.

GIIAS 2019 di ICE BSD merupakan rangkaian pameran mobil GIIAS sepanjang 2019. Pameran dimulai di Surabaya (Jawa Timur) dan berlangsung di Grand City Mall pada 29 Maret-7 April 2019. Kemudian di Jakarta, tepatnya di ICE BSD City, Tangerang Selatan (Banten) pada 18-28 Juli 2019. Setelah itu berlanjut ke Makassar (Sulawesi Selatan) bertempat di Celebes Convention Center pada 4-8 September 2019. Medan menjadi kota penutup dengan lokasi di Santika Convention Center pada 23-27 Oktober 2019.

Seperti yang sudah-sudah, GIIAS menjadi ajang sejumlah produsen otomotif baik mobil maupun motor untuk memamerkan kendaraan-kendaraan mereka. Beberapa pabrikan menggunakannya sebagai media peluncuran kendaraan baru. Pengunjung tentu akan disuguhi banyaknya varian produk otomotif. Penawaran-penawaran menarik pastinya akan diberikan setiap pabrikan otomotif untuk memikat konsumen.

Selain meluncurkan kendaraan terbaru, sejumlah pabrikan juga bakal mengenalkan konsep atau teknologi untuk kendaraan yang akan datang. Bisa dibilang, mereka memberikan bocoran sedikit kepada pengunjung. Jangan lupa, teknologi mobil listrik yang tengah digaungkan akan bisa dilihat langsung oleh pengunjung di GIIAS 2019 Jakarta. Sejumlah pabrikan bahkan akan memamerkan mobil listrik keluaran mereka.

Setidaknya ada 20 merek mobil penumpang telah terdaftar menjadi peserta GIIAS 2019 yaitu Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling. Selain itu, 10 merek kendaraan komersial dan karoseri juga sudah resmi menjadi eksibitor yakni DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Sementara untuk sepeda motor, ada 11 merek yang juga akan hadir mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

“GIIAS kali ini juga akan sedikit lebih spesial, karena yang selama ini kita hanya bicara otomotif untuk Indonesia, dan kali ini saya kembangkan lebih kepada otomotif Indonesia bisa lebih mandiri, karena kemampuan produksi sudah bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri,” jelas Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Agus Riyadi, Project Director GIIAS 2019 menyebut APM menjadikan GIIAS sebagai tempat peluncuran produk baru. Memang, beberapa Agen Pemegang Merek (APM) menyatakan bakal membawa model baru di GIIAS 2019. Beberapa di antaranya adalah DFSK yang kabarnya membawa varian tertinggi dari Glory 580 serta konsep mobil listrik. Selain itu, ada juga Suzuki yang bakal meluncurkan Jimny. Kemudian yang juga akan hadir adalah Renault Triber dan Mazda dengan all new Mazda3.

Merek lainnya yakni Honda yang meluncurkan satu mobil baru yang diduga Jazz. Isuzu juga akan meluncurkan dua produk baru yakni penyegaran SUV Mux dan kendaraan niaga D-Max. Beberapa merek lainnya juga demikian. Namun, mereka masih malu-malu mengungkapkan mobil terbaru yang akan mereka rilis di GIIAS 2019. Seperti Toyota yang disebut akan menjadikan panggung GIIAS 2019 sebagai momen peluncuran mobil legendaris Toyota Supra.

Berikut Beberapa Mobil Baru yang Bakal Melenggang di GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten

Mitsubhisi
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) yang merupakan distributor kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia memperkenalkan kendaraan terbarunya. Kendaraan yang dimaksud adalah New Triton dan melenggang di GIIAS 2019 Jakarta. Pikap Triton terbaru ini akan menjadi salah satu andalan Mitsubishi di Indonesia.

New Triton merupakan model terbaru yang mendapatkan perubahan dan pengembangan besar dibandingkan model pendahulunya. Sebelumnya New Triton telah diperkenalkan pada perayaan 40 tahun model Triton/L200 di Bangkok, Thailand, November 2018 lalu. Tampilan eksterior bagian depan tampak mirip dengan Mitsubishi Xpander terbaru.

Mitsubishi New Triton dilengkapi dengan fitur-fitur canggih (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Selain New Triton, Mitsubishi juga memperkenalkan mobil baru lainnya yakni Outlander Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Ini adalah mobil listrik pertama Mitsubishi yang siap dirilis di tanah air. Mitsubishi Outlander PHEV bakal ditampilkan dan dirilis perdana pada GIIAS 2019 Jakarta pada 18 hingga 28 Juli mendatang.

Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura menyampaikan, Mitsubishi tidak ingin hanya membawa produk saja. “Kami berkomitmen dan ingin berkontribusi lebih, dengan menghadirkan teknologi terdepan yang kami sematkan pada produk kami untuk menunjang mobilitas masyarakat Indonesia dan meningkat kualitas hidup dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Tampang Mitsubishi Outlander PHEV (Istimewa for JawaPos.com)

New Outlander PHEV sebelumnya telah resmi diperkenalkan secara global pada 2013 dan telah dipasarkan di lebih dari 50 negara di dunia. Kendaraan tersebut hadir dengan teknologi plug-in hybrid yang merupakan perpaduan mesin gasoline 2,4 L, motor, dan baterai yang menjadikan kendaraan ini ramah akan lingkungan dan tetap memberikan kenyamanan maksimal untuk penggunanya.

Hanya itu? Tidak. Mitsubishi juga bakal memperkenalkan Eclipse Cross di GIIAS 2019 Jakarta. Mitsubishi Eclipse Cross pertama kali diperkenalkan secara global pada ajang Geneva Motor Show Maret 2017 lalu, dan akan mulai dipasarkan untuk pasar otomotif Indonesia pada September 2019. Nama Eclipse berasal dari model coupe khusus MMC yang dijual di AS mulai 1989, sementara Cross adalah kependekan dari crossover.

Mitsubishi Eclipse Cross (Istimewa)

Mitsubishi Eclipse Cross menggunakan mesin gasoline 1.5L yang dilengkapi dengan turbocharged. Adanya turbo menjadikan torsi lebih bertenaga pada RPM rendah-menengah ditambah teknologi baru yang memungkinkan akselerasi yang lebih cepat pada mobil tersebut.

Toyota
Toyota dalam hal ini Toyota Astra Motor (TAM) menjadikan GIIAS 2019 Jakarta sebagai ajang showcase kendaraan-kendaraan elektrik. Jajaran kendaraan elektrik tersebut adalah Toyota TS050 Hybrid (kendaraan balap Toyota di ajang FIA World Endurance Championship), Toyota Prius PHEV GR Sport sebagai special exhibition lainnya dan satu lagi adalah kendaraan konsep yang menggunakan teknologi Fuel Cell (FCEV) berbahan bakar hidrogen yaitu Fine Comfort Ride (F-CR).

Toyota Supra GT4 (Topgear)

Bagi penggemar racing dan pencinta kendaraan legendaris Toyota Supra, di GIIAS 2019 Toyota juga memastikan peluncuran generasi terbaru Toyota GR Supra. “GR Supra akan diluncurkan 18 Juli nanti di pembukaan GIIAS 2019 dan bisa langsung dipesan. Untuk detail spesifikasi dan harganya akan kami umumkan nanti saat peluncuran,” ungkap Marketing Manager PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, beberapa waktu lalu.

Selain jajaran kendaraan elektrik dan kehadiran Toyota Supra terbaru, Anton juga mengatakan bakal ada model baru lainnya yang juga diluncurkan TAM di GIIAS 2019. Hanya, Toyota masih merahasiakannya.

DFSK
DFSK, pabrikan otomotif asal Tiongkok, akan menempati booth seluas 1.025 meter2 di Hall 6C ICE untuk 11 hari dengan tema ‘Glorious Innovation’. DFSK akan menampilkan 9 unit jajaran kendaraan DFSK. Selain itu, DFSK juga akan memperkenalkan varian terbaru DFSK Glory 580 yang mengusung teknologi termutakhir di kelasnya. Tak hanya itu, DFSK juga akan menghadirkan mobil konsep SUV listrik yang menjadi contoh teknologi dari DFSK.

DFSK Glory 580 (Dok. JawPos.com)

Arviane Dahniarny selaku PR and Digital Manager PT Sokonindo Automobile, mengatakan bahwa Glory 580 sebagai intelligent SUV. “Bisa dibilang varian tertinggi produk 580 dari DFSK,” sebut Arviane.

Arviane menambahkan bahwa dua produk baru yang diperkenalkan nanti sama-sama SUV. Hanya, teknologinya berbeda. Glory 580 konvensional, dan satu lagi adalah teknologi listrik. Untuk varian Glory 580, DFSK akan menjualnya secara resmi. Sementara itu, untuk mobil listrik yang diperkenalkan hanya dipamerkan saja.

Renault
Pasar mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia bakal kedatangan pendatang baru. Dia adalah Renault Triber yang siap mengganggu pasar Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Datsun Cross, dan mobil sejenis lainnya.

Renault Triber (Carwale)

Groupe Renault secara global memperkenalkan Renault Triber sebagai mobil ultra modular 7-seater baru-baru ini di New Delhi, India. Sebagai mobil ultra modular, Renault Triber memiliki desain yang atraktif, kokoh, lapang, dan modular atau dapat diatur menjadi 5 seater maupun 7 seater secara mudah.

Kendaraan ini akan di produksi di Chennai, India dan akan mulai dipasarkan di India pada semester dua tahun 2019. Sementara untuk tanah air, Davy J Tuilan, CEO PT Maxindo Renault Indonesia juga menyatakan bahwa pihaknya sangat antusias menyambut kedatangan Renault Triber di Indonesia yang akan di perkenalkan di GIIAS 2019 Jakarta.

Mazda
Mazda bakal merilis produk barunya pada pameran otomotif GIIAS 2019 Jakarta di ICE BSD pada 18-28 Juli 2019. Model baru yang berpeluang besar untuk diluncurkan itu adalah all new Mazda3.

Hanya saja, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) yang resmi menangani distribusi mobil Mazda di Indonesia saat ini, Roy Arman Arfandy, belum merinci lebih jauh terkait model Mazda terbaru yang diluncurkan. Apakah sedan atau hatchback. Pastinya Roy menegaskan bahwa model tersebut langsung bisa dipesan oleh konsumen dalam peluncuran nanti.

Isuzu
Kendaraan penumpang dan komersial Isuzu bakal diperkenalkan di GIIAS 2019 Jakarta yang berlangsung di ICE BSD mulai 18 Juli hingga 28 Juli 2019. Isuzu dikabarkan akan meluncurkan dua produk baru yaitu penyegaran SUV Isuzu Mux dan mobil niaga D-Max.