Selama Setahun, Mahasiswa Bahasa Inggris UIN Malang Dibimbing Dosen Asing

KOTA MALANG – Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Malang memantapkan langkahnya untuk menjadi jurusan dengan kompetensi international.

Setelah mendatangkan expert di bidang pengembangan kurikulum dan pedagogi bahasa Inggris dari Jerman, Dr Phil Michael Nader, jurusan tersebut kembali mendatangkan expert asing.

Adalah Andrea Rene Mason, MA expert di bidang Teaching English as Foreign Language (TESOL) asal Amerika yang akan mengajar mahasiswa Tadris selama satu tahun.

“Datangnya itu kemarin 1 September dan akan rencanya mengajar sampai 30 Juni 2020 mendatang,” ujar Ketua Jurusan S1 Tadris Bahasa Inggris Dr Langgeng Budianto, MPd kepada radarmalang.id.



Adapun mata kuliah yang diajarkan adalah Bahasa Inggris 1 dan 2, Academic Writing, Essay Writing, dan Assesment kepada mahasiswa semester 1, 3, dan 5.

“Kalau semester satu dan tiga itu kita kuatkan di kemampuan verbalnya yakni pada matkul Bahasa Inggris 1 dan 2. Sementara semester 5 itu kita kuatkan pada cara menulisnya di matkul Academic Writing, Essay Writing, dan juga Assesment,” tuturnya.

Langgeng berharap ketika diajar oleh expert sekaligus dosen Universitas Idaho Amerika selama satu tahun, mahasiswanya mampu meningkatkan kemampuan verbal dan menulis berbahasa Inggris.

“Soalnya prof Andrea kan selain expert di bidang pengajaran, juga native speaker. Selama mengajar nanti komunikasinya full bahasa Inggris. Tidak campuran Inggris Indonesia. Jadi nantinya mereka akan terbiasa mendengar dan mengucapkan bahasa Inggris saat belajar,” ujarnya.

Sebagai informasi, kedatangan Andrea di Jurusan Tadris Bahasa Inggris atas kerjasama UIN Malang dengan Kedutaan Besar Amerika melalui Regional English Language Office (RELO).

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor : Indra M