Selama Musim Lebaran, MRT Hanya Operasikan Setengah Armadanya

JawaPos.com – Selama musim libur Hari Raya Idul Fitri, PT Mass Rapid Transit akan mengurangi operasional Moda Raya Terpada (MRT). Jika pada hari biasa ada 14 kereta yang melakukan perjalanan dari stasiun Bundaran HI sampai Lebak Bulus, maka di musim lebaran hanya ada 7 kereta yang beroperasi. Sistem ini berjalan mulai 1-9 Juni 2019.

“Pemberlakuan ini sesuai dengan Keputusan Bersama Tiga Menteri mengenai Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019 maka mulao tanggal 1-9 Juni akan diterapkan gapeka weekend,” ujar Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin kepada wartawan, Senin (30/5).

Adanya pengurangan jumlah kereta yang beroperasi berdampak pada jarak kedatangan dan keberangkatan kereta (headway). Jika di hari biasanya headway 5 menit, kali ini menjadi 10 menit antar kereta.

Selain itu, total perjalanan kereta juga turut terpangkas. Dari 285 trip perhari menjadi 219 trip di musim lebaran. Namun, untuk jam operasional tidak mengalami perubahan. Perjalan kereta pertama akan dimulai pukul 05.00 WIB dan berakhir pada 00.00 WIB.



Kamaluddin mengatakan, pola perjalanan MRT di musim lebaran sama dengan operasional di akhir pekan. Pengurangan perjalanan kereta disesuaikan dengan jumlah penumpang yang tak sebanyak saat hari kerja.

Meskipun ada pengurangan perjalanan, PT MRT tetap berkomitmen pada aspek keselamatan penumpang. Oleh sebab itu, mereka tetap memberlakukan sistem pengaman seperti biasa. Antara lain berupa hand metal detector di pintu masuk, walk through metal detector ketika memasuki unpaid area. “Kemudian brifieng berkala dan update pengamana setiap 2 jam,” imbuh Kamaluddin.

PT MRT Jakarta juga menyediakan fasilitas pembelian tiket rombongan pada musim liburan Hari Raya Idulfitri bagi warga yang ingin berkeliling ibu kota menggunakan MRT. Tidak hanya tiket, MRT juga menyediakan tour guide untuk mendampingi rombongan dari stasiun Bundaran HI sampai Lebak Bulus.

“Tour guide akan menjelaskan MRT Jakarta manners di dalam stasiun dan di ratangga. Serta membagikan peta lokasi MRT lengkap dengan integrasinya, dan informasi promo voucher,” pungkas Kamaluddin.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan