Sekolah Ultras Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan

KOTA MALANG – Sudah 2 hari ini, tim juri yang terbagi menjadi 5 tim dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang dan pihak ketiga mengunjungi Sekolah Dasar (SD) yang ada di lingkup Kota Malang. Mulai dari SD Tlogomas 2 hingga SD Bandungrejosari I, mereka rupanya melakukan penilaian Tata Kelola Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2018.

Dengan tujuan mencari sekolah yang unggul dan transparan (Ultras), tim juri berharap dengan adanya dana BOS ditambah dengan penilaian ini mampu meningkatkan kualitas pendidikan di lingkup Kota Malang.

“Tidak hanya pendidikan tapi juga meningkatnya kualitas pendidiknya,” papar Dra. Siti Masruroh dari Dewan Pendidikan Kota Malang sekaligus tim juri 5.

Dengan berfokus pada tiga aspek, yaitu bagaimana sekolah menyusun sebuah laporan, pengelolaan keuangan dan peningkatan anggaran pembelanjaan, diharap sekolah lebih mampu mengalokasikan dana tersebut dengan lebih bijaksana.

“Dengan adanya dana BOSNAS dan BOSDA ini kan jadi gratis toh sekolah, Anak-anak tidak dipungut, termasuk, bukunya juga gratis,” terus Titik.

Lebih lanjut, Titik mengungkap tim juri hanya bertugas menilai, dalam pengelolaan kedepannya, sekolah sendiri yang akan menentukan masa depannya.

“Kami Tim Juri hanya memotret ya, melihat apakah ada kelengkapan dokumen yang dibelanjakan dari dana BOS itu, yang terakhir tentu jika ada yang kurang harus mensosialisasikan mana yang benar,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido