Sekabel Jokowi Optimistis Kuasai Pasar Kayu Dunia

JawaPos.com – Pengusaha kayu yang tergabung dalam Sekabel Jokowi optimistis mampu menguasai pasar kayu dunia jika Joko Widodo menang Pemilu 2019. Sekabel menargetkan dalam lima tahun ke depan akan menguasai 10 persen kebutuhan kayu dunia. Saat ini Indonesia baru mampu memasok kebutuhan kayu dunia sebesar 2 persen saja.

“Kami optimistis dalam lima tahun di bawah kepemimpinan Pak Jokowi akan mampu menguasai 10 persen kebutuhan kayu dunia,” terang Ketua DPP Sekabel Setyo Wisnu Broto kepada JawaPos.com, Selasa (23/4).

Wisnu menyampaikan, potensi kebutuhan kayu dunia sangat besar yakni mencapai USD 1.000 triliun. Jika nantinya Indonesia mampu menguasai 10 persen dari kebutuhan dunia, bisa dipastikan industri kayu di Indonesia akan mengalami peningkatan yang sangat pesat.

“Pemerintah mengatakan perbesar ekspor untuk mengurangi impor. Kami menggodok satu formula tingkatkan akselerasi luar biasa untuk mendorong peningkatan tersebut,” terangnya.

Ttarget untuk bisa mencapai 10 persen pasar dunia akan semakin mudah tercapai jika Indonesia sudah mempunyai Indonesian Timber Council (ITC) dewan kayu Indonesia. Dengan adanya dewan kayu, maka akan semakin mendorong peningkatan produksi serta kualitas dari produk kayu yang ada.

“Kalau tahun ini ITC bisa terbentuk, tidak sampai lima tahun kami bisa mencapai target dengan menguasai pasar dunia sebesar 10 persen,” ucapnya.